Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Selasa, 09 November 2010

Pria Awet Muda, Bisakah?

Berpenampilan lebih muda dari usia 40 tahunan? Menurut ahli gizi para atlet olimpiade, hal itu bukan sesuatu yang mustahil, asalkan makanan Anda tepat dan olahraga Anda juga tepat.
Kaum pria umumnya tidaklah segelisah wanita dengan penampilan mereka. Tapi Anda perlu tahu juga cara menurunkan berat badan dan membesarkan otot di bagian-bagian tertentu.

Dokter Brett Hall, ahli gizi yang bekerja untuk atlet olimpiade Amerika Serikat mengatakan, "Anda harus menjadi lebih pandai, lebih cepat bekerja, dan tahu cara menyeimbangkan saat-saat bekerja dengan saat-saat beristirahat".

Hall menganjurkan hal-hal berikut:

Latihan beban. Lakukanlah erobik dengan barbel secara teratur. Ketika menggunakan barbel, bentuklah satu bagian dari tubuh pada tiap sesi (bukan sekaligus pada satu kesempatan). Kalau tubuh termasuk kurus, gunakan barbel yang lebih ringan dengan pengulangan yang lebih banyak. Lebih baik lakukan empat set dengan barbel yang lebih ringan daripada tiga set dengan barbel yang lebih berat.

Cara ideal menyehatkan tubuh adalah dengan circuit training, yaitu membuang tubuh ke depan dan ke belakang di antara latihan cardiovascular dan latihan beban. Latihan cardiovascular adalah olaharaga yang bertujuan menguatkan jantung. Bentuknya bisa jogging, mengayuh sepeda, renang, atau skipping (lompat dengan tali).

Kenali makanan Anda. Bagi mereka yang fanatik menjauhi protein tinggi dan mengonsumsi hanya makanan rendah karbohidrat, Dokter Hall mengingatkan bahwa tubuh membutuhkan karbohidrat untuk memberi kekuatan dan untuk menjadi cepat sembuh bila sedang sakit.

Lebih baik bila Anda menggabungkan beberapa bahan makanan bergizi daripada menghindari jenis-jenis makanan tertentu. Tirulah wanita yang umumnya suka makan sepanjang hari. Hal itu ada benarnya. Lima porsi kecil lebih baik daripada tiga porsi besar.

Kata Dokter Hall, "Kita perlu mengirim pesan kepada tubuh bahwa kita sudah cukup banyak makan dan tidak butuh cadangan apa-apa lagi. Itulah yang Anda lakukan bila Anda menyantap lima porsi kecil itu". Menghindari makanan berkadar gula tinggi -yang merangsang terjadinya penyimpanan lemak, meningkatkan insulin dan gula darah, serta mengurangi keindahan penampilan- tidaklah berarti Anda harus menjauhi sama sekali makanan-makanan itu. Kombinasikan saja dengan protein.

Menu ideal. Cobalah membuat protein shake berupa sebuah pisang dan selai kacang untuk sarapan. Makanan ini mengandung 20 gram protein dan karbohidrat. Untuk cemilan di siang hari, Hall menyarankan semangkuk keju lembut dengan seperempat cangkir jus nanas. Makanlah setengah roti isi (sandwich) ayam bakar dengan salad untuk makan siang.

Buah segar dengan selembar keju mozzarella adalah cemilan yang baik untuk sore hari. Jangan lupa minum banyak air dengan potongan protein. Kandungan 20 gram protein dan 20 gram karbohidrat adalah yang paling baik, dan mudah dicerna tubuh.

Untuk makan malam, santaplah sisa setengah dari sandwich tadi dengan sayuran yang direbus. Aneh menunya? Tapi coba dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar