RMS Titanic, pelayaran di Southampton, 10
April 1912
RMS Titanic (juga SS Titanic)
merupakan yang kedua dari tigakapal penumpang super yang bertujuan untuk
mengawali perniagaan perjalanan trans-Atlantik. Dimiliki oleh White
Star Line dan dibuat di galangan kapal Harland and Wolff, Titanic merupakan
kapal uap penumpang terbesar di dunia pada masa peluncurannya. Pada
saatpelayaran pertamanya, Titanic menabrak gunung
es pada pukul 23:40 (waktu kapal), Minggu, 14 April 1912, dan
tenggelam sekitar dua jam empat puluh menit kemudian pada pukul 2:20 pagi hari
Senin.
Bencana tersebut
mengakibatkan kematian lebih dari 1.500 orang,dan menjadikannya sebagai bencana
laut terburuk semasa zaman dalam sejarah dan sampai kini paling
termashyur. Titanic dilengkapi dengan teknologi paling maju
pada masa itu dan orang awam percaya bahwa ia “tidak mungkin tenggelam”. Ia
amat mengejutkan bagi orang banyak bahwa walaupun dengan teknologi modern dan
awak kapal yang berpengalaman, Titanic masih tenggelam dengan
jumlah kematian yang tinggi. Kegairahan media massa mengenai korban
terkenal Titanic, legenda mengenai apa yang terjadi di atas kapal,
mengakibatkanundang-undang laut diganti, dan penemuan kapal yang pecah
pada tahun 1985 oleh pasukan yang diketuai oleh Jean-Louis Michel
danRobert Ballard menjadikan Titanic terkenal pada tahun
berikutnya.
Pembuatan
Kapal Titanic merupakan
kapal penumpang milik White Star Line, dibangun di galangan kapal Harland
and Wolff di Belfast, Irlandia Utara, didisain untuk
menyaingi Lusitania dan Mauretania milik Cunard
Line.Titanic, bersama kapal saudara kembarnya Olympic, Olympic dan
yang akan dibuat Britannic (pada awalnya dinamakan Gigantic,
bertujuan menjadi kapal paling mewah dan terbesar yang pernah dibuat. Pembuatan
RMS Titanic, dibiayai oleh hartawan Amerika, J.P.
Morgan dan perusahaannya International Mercantile Marine Co., dimulai
pada 31 Maret 1909. Badan kapal Titanic selesai diproduksi pada 31 Mei 1911,
dan perlengkapan dalam di selesaikan pada 31 Maret tahun berikutnya. Titanic
sepanjang 269 meter (882 kaki 9 inci) dan 28 meter (92 kaki 6
inci) lebar, berat mati 46.328 ton, dan ketinggian dari
permukaan air ke geladak setinggi 18 meter (60 kaki). Walaupun ia
meliputi banyak ruang dan dengan berat mati yang besar itu, kapal Titanic sama
panjangnya dengan kapal Olympic. Titanic dilengkapi
dua mesin dengan empat silinder, tiga baling-baling, dan satu turbin
Parsons bertekanan rendah yang menggerakkan tiga baling-baling. Terdapat
29 ketel dipanaskan oleh 159 perapian batu bara yang mampu
menghasilkan kecepatan sampai 23 knot (43 km/j). Hanya tiga dari empat cerobong
kapal setinggi 19 meter (63 kaki) yang berfungsi; cerobong yang keempat
digunakan sebagai lubang udara, dan untuk memperlihatkan kehebatan kapal. Kapal
Titanic mampu membawa 3.547 penumpang dan awak kapal, karena ia juga
mengirim surat, maka namanya diberi penambahan kata
depan RMS dan juga sebagai kapal uap - SS (Steam Ship).
Pada waktu itu,
fasilitas dan kemewahannya tidak dapat ditandingi. Ia menawarkan
fasilitas kolam renang, ruang olahraga,pemandian
Turki, perpustakaan dan gelanggang squash. Ruang kelas utama dihiasi
seluruhnya dengan panel kayu, perabotan mewah dan perhiasan yang indah lainnya.
Ia menawarkan tiga lift untuk digunakan penumpang kelas utama dan, satu inovasi
pada waktu itu, satu lift bagi penumpang kelas dua.
Titanic dianggap
sebagai puncak arsitektur laut dan pencapaian teknologi. Ia dianggap oleh
majalah Ship Builders sebagai kapal yang "hampir tidak
mungkin tenggelam." Titanic terbagi atas 16 ruang kedap air
dengan pintu yang beri pengunci elektrik dan akan menutup hanya dengan menekan
satu tombol dari dek kapal; walaupun, sekat kapal tidak menghalangi keseluruhan
ketinggian geladak (hanya sampai Dek-E). Titanic mampu
terapung dengan baik walau dua ruang tengah dipenuhi air atau empat bagian
pertama dipenuhi air; apabila lebih dari itu maka ia akan tenggelam.
Pelayaran Pertama
Kapal Titanic
memulai pelayaran pertamanya dari Southampton,Inggris, dalam perjalanan
ke New York City, New York, pada Rabu, 10 April 1912, di bawah
kendali Kapten Edward J. Smith. Ketika Titanicbergerak
meninggalkan tempat berlabuhnya, ombak yang dihasilkan oleh kapal tersebut
menyebabkan kapal penumpang New York, yang berlabuh di dekatnya,
putus tali tambatnya dan tertarik hampir (sekitar 4 kaki) dariTitanic sebelum
kapal tunda New York pergi. Kejadian tersebut baru berhenti
setelah satu jam. Selepas menyeberangi selat Inggris, Titanicberhenti
di Cherbourg, Prancis, untuk menurunkan dan mengambil penumpang
tambahan dan berhenti sekali lagi di Queenstown (sekarang ini dikenal
sebagai Cobh), Irlandia, sebelum meneruskan pelayaran keNew
York dengan 2.223 penumpang.
Titanic mempunyai
tiga bagian kelas penumpang yang dipisahkan. Kelas ketiga juga dikenal
sebagai geladak, terdiri dari kabin kecil di dek bawah, diisi oleh
kebanyakan pendatang dari inggris yang mengharapkan penghidupan lebih baik di
Amerika. Kabin dan ruang kelas kedua, terletak di bagian belakang, memiliki
fasilitas yang sama dengan kelas satu di kapal lain. Kebanyakan penumpang kelas
kedua pada mulanya menempati kelas satu di kapal yang lain tetapi, karena tidak
tersedianya batu bara, maka dipindahkan ke Titanic. Kelas utama
merupakan bagian kapal yang paling mewah.
Sebagian dari orang
yang terkenal turut belayar sebagai penumpang kelas utama. Ini termasuk
jutawan John Jacob Astor dan isterinya Madeleine Force Astor;
pemilik kilang Benjamin Guggenheim; pemilik Macy, Isidor
Straus dan isterinya Ida; jutawan Denver, Margaret "Molly"
Brown; Sir Cosmo Duff-Gordon dan isterinya Lady Lucille Duff-Gordon;
George Elkins Widener dan istrinya Eleanor; John Borland Thayer, isterinya
Marian dan anak mereka yang berusia tujuh belas tahun, Jack;
wartawan William Thomas Stead; Countess of Rothes; pembantu
presiden Amerika Serikat Archibald Butt; pengarang dan tokoh
masyarakat Helen Churchill Candee; pengarang Jacques Futrelle, dan
isterinya May, dan rekan mereka, editor Broadway Henry dan Irene
Harris; aktris film bisu Dorothy Gibson; dan yang lain. Ikut bersama di kelas
utama lainnya adalah editor urusan White Star Line J. Bruce Ismayyang
merencanakan pembuatan Titanic dan pembuat kapal Thomas
Andrews, yang turut bersama untuk memantau semua masalah dan menilai kinerja
keseluruhan kapal baru tersebut.
Malapetaka
Pada Minggu malam, 14
April, suhu menurun sampai tahap hampir beku dan laut tenang. Bulan tidak
keluar dan langit cerah. Kapten Smith, mengetahui peringatan adanya bongkahan
gunung es melalui komunikasi nirkabel semenjak beberapa hari lalu,
telah mengubah haluan Titanic lebih jauh ke arah selatan. Pada
hari Minggu pukul 13:45 waktu setempat, pegawai komunikasi nirkabel dari kapal
uap Amerikamemberi peringatan bahwa gunung es besar mengapung dalam
jalurTitanic, tetapi peringatan ini tidak disampaikan ke dek pengawal.
Sore itu, satu lagi laporan mengenai bongkahan gunung es besar yang banyak,
kali ini dari Mesaba, juga gagal disampaikan ke dek pengawal.
Pada pukul 23:40
waktu setempat ketika berlayar di selatanGrand Banks di Newfoundland, pengawas
Fredrick Fleet dan Reginald Lee melihat bongkahan gunung es yang besar tepat di
depan kapal. Fleet membunyikan loceng kapal sebanyak tiga kali dan menelepon dek
pengawal memberitahu, "Gunung es, tepat di depan!" Opsir Pertama
Murdoch langsung mengarahkan kemudi ke sisi kiri dan mengurangi
kecepatan, kemudian mundurkan mesin kapal. Tabrakan ternyata tidak dapat
terelakkan, dan gunung es terapung tersebut bergesekan dengan bagian lambung
kanan kapal, dan merobek badan kapal di empat bagian pertama dan mematahkan
paku baja di bagian bawah kapal yang tertutup permukaan air sepanjang sekitar
91 m (300 kaki). Pintu kedap air baru berhasil menutup rapat saat air sudah keburu
memasuki limabagian kedap air pertama, lebih satu bagian dari apa yang
dapat ditahanTitanic agar tidak tenggelam.
Berat lima bagian kedap air yang dimasukiair menarik kapal ke
bawah melebihi ketinggian dinding kedap air, kemudian air memasuki bagian lain.
Kapten Smith, merasakan guncangan hantaman itu, sesampainya ke dek pengawal dan
memerintahkan berhenti sepenuhnya. Setelah pemeriksaan oleh pegawai kapten dan
Thomas Andrews, sadar bahwa Titanic akan tenggelam, dan
setelah tengah malam pada 15 April, perahu penyelamat untuk disiapkan
dan panggilan darurat diberitahukan.
Perahu penyelamat
pertama, diturunkan pada pukul 00:40 waktu setempat di
sebelah kanan dengan hanya di isi 28 orang penumpang di
atasnya. Titanic membawa 20 perahu penyelamat dengan kapasitas
penuh 1.178 orang penumpang. Walaupun tidak mencukupi untuk membawa semua
penumpang dan awak kapal, Titanic membawa cukup perahu
penyelamat dan pelampung karena peraturan yang ditetapkan oleh Lembaga
Peraturan Inggris. Pada masa itu, jumlah perahu penyelamat yang diperlukan
ditetapkan menurut berat mati kapal, bukannya jumlah penumpang yang dibawanya.
Penumpang kelas
utama dan kedua dengan mudah bisa mencapai perahu penyelamat dengan tangga yang
menuju terus ke dek perahu tetapi penumpang kelas ketiga lebih sulit. Banyak
terdapat jalur dari bagian bawah kapal sulit dipahami dan menyulitkan mereka
untuk sampai ke perahu penyelamat. Lebih buruk lagi, penumpang kelas tiga saat
pintu dikunci oleh awak kapal yang menunggu giliran mengizinkan penumpang naik
ke geladak.
Operator radio
nirkabel Jack Phillips dan Harold Bride sibuk
mengirim CQD, isyarat pertolongan. Beberapa kapal merespon, termasukMount
Temple, Frankfurt dan kapal saudara kembar Titanic, Olympic,
tetapi semuanya terlalu jauh untuk sampai sebelum Titanic tenggelam. Kapal
terdekat adalah RMS Carpathia milik Cunard
Line yang sejauh 93 kilometer (58 mil) dan hanya berjarak empat setengah
jam; terlalu lama untuk menyelamatkan lebih dari setengah penumpang Titanic karena
kapalnya sudah keburu tenggelam. Satu-satunya daratan yang menerima isyarat
pertolongan Titanic adalah
stasiun nirkabel di Cape Race, Newfoundland.
Pada mulanya,
penumpang enggan meninggalkan Titanic untuk menaiki perahu
penyelamat yang kecil karena merasakan Titanic lebih aman dan tidak ada
tanda-tanda apapun sedang berada dalam bahaya atau pun tenggelam. Ini
menyebabkan kebanyakan perahu penyelamat dilepas dengan separuhnya kosong; satu
perahu yang mampu membawa 40 orang penumpang dilepas dengan hanya 12 orang
penumpang di atasnya.
"Wanita dan
anak-anak dahulu" diutamakan untuk menaiki perahu penyelamat, Opsir
kedua Lightoller, yang mengisi perahu penyelamat di sebelah kiri, hanya
memperbolehkan laki-laki yang diperlukan sebagai pengayuh dan tidak untuk sebab
lainnya; walaupun masih terdapat tempat kosong. Opsir Pertama Murdoch, yang
mengisi perahu di sebelah kanan, memperbolehkan laki-laki naik apabila wanita
tidak ada yang mau naik lagi. Saat kapal semakin tenggelam, penumpang mulai
cemas dan sebagian perahu penyelamat dilepas dengan penumpang penuh. Pada 02:05
waktu setempat, seluruh bagian depan haluan kapal tenggelam di bawah air, dan
kecuali dua buah perahu, semua perahu penyelamat lain telah diturunkan.
Sekitar 02:10 waktu
setempat, bagian belakang kapal terangkat dari permukaan air memperlihatkan
bagian bawah kapal, kemudi, dan baling-baling kapal , dan pada pukul 02:17
waktu setempat permukaan air membanjiri geladak perahu. Keadaan semakin parah
saat dua perahu penyelamat terakhir terapung dari geladak, satu terbalik dan
satu lagi separuhnya telah berisi air. Tidak lama kemudian, cerobong asap
paling depan jatuh, meremukkan sebagian dek pengawal dan mereka yang terapung
dalam air. Di geladak, para penumpang berlari ke arah belakang atau melompat ke
laut dangan harapan dapat sampai ke perahu penyelamat. Bagian belakang kapal
perlahan-lahan terangkat ke atas, dan barang-barang yang tidak terikat
berjatuhan ke laut. Sewaktu bagian belakang kapal terangkat, sistem eletrik
mati dan lampu mulai padam. Tidak lama kemudian, pada bagian badan kapal yang
tidak kuat menahan beban mengakibatkan Titanic pecah menjadi dua bagian antara
dua cerobong terakhir, dan bagian depan tenggelam sepenuhnya. Bagian belakang
kapal langsung tehempas kembali di permukaan air dan terangkat tegak lurus.
Selepas beberapa saat, pada pukul 02:20 waktu setempat, semuanya tenggelam ke
laut.
Dari sejumlah 2.223
orang penumpang, hanya 706 orang penumpang yang selamat; 1.517 orang penumpang
tewas. Kebanyakan penumpang tewas disebabkan karena korban terkena hypothermiadalam
air 28 °F (−2 °C). Hanya dua dari 18 perahu penyelamat yang kembali untuk
menyelamatkan korban dari dalam air selepas kapal tenggelam. Perahu penyelamat
nomor empat kembali dan menyelamatkan lima orang, dua dari mereka
kemudian tewas. Hampir satu jam kemudian perahu penyelamat nomor empat belas
kembali dan menyelamatkan empat orang penumpang yang mana satu penumpang
kemudian tewas juga. Penumpang yang lain berhasil menaiki perahu penyelamat
yang terapung dari geladak. Terdapat perdebatan di antara penumpang yang
selamat. sebagian penumpang yang selamat berinisiatif untuk kembali, tetapi
kebanyakan yang selamat takut bila perahu penyelamat mereka akan tenggelam
akibat dinaiki korban yang mencoba menaiki perahu mereka atau ditarik
oleh Titanic yang tenggelam, walaupun sebenarnya hanya sedikit
tarikan yang ada.
Kedua bagian kapal
tersebut tenggelam dengan cara berbeda. Bagian depan menancap kira-kira 609 m
(2.000 kaki) di bawah permukaan dasar laut dan mendarat dengan agak perlahan.
Sedangkan bagian belakang tenggelam dengan cepat ke dasar lautan; badan kapal
terburai akibat terdapat udara yang terperangkap di dalam kapal. Bagian
belakang kapal menghantam dasar dengan kecepatan tinggi, terbenam jauh ke dalam
lumpur.
Diselamatkan
Hampir dua jam
setelah Titanic tenggelam, RMS Carpathia tiba di
tempat kejadian dan mengambil perahu penyelamat pertama. Dalam beberapa jam
kemudian, mereka yang masih hidup diselamatkan. Di geladak Carpathia,
doa khusyuk yang singkat untuk yang mereka yang terselamatkan dan untuk
memperingati mereka yang tewas diadakan, dan pada pukul 08:50 AM, Carpathia menuju
ke New York, dan sampai pada tanggal 18 April.
Saat santunan jiwa
diberikan, White Star Line menyewa kapalMacKay-Bennett untuk
mengevakuasi jenazah. Sejumlah 338 jenazah akhirnya ditemukan. Kebanyakan
jenazah dievakuasi ke Halifax, Nova Scotia, sedangkan jenazah yang
tidak dikenal dikebumikan diPemakaman Fairview.
Dampak setelah kejadian
Saat berita mengenai
malapetaka tersebut tersebar, banyak orang yang terkejut bahwa Titanic telah
tenggelam dengan jumlah korban tewas yang begitu tinggi walaupun dilengkapi
dengan teknologi yang maju. Surat kabar dipenuhi berita dan gambaran
mengenai malapetaka tersebut dan semuanya tidak henti-hentinya untuk
mendapatkan berita terkini. Banyak kotak amal dibuat untuk membantu korban dan
keluarga mereka, banyak yang kehilangan orang yang merupakan tulang punggung
keluarga, atau dalam kasus penumpang kelas tiga, semua barang yang mereka
miliki tenggelam.
Tenggelamnya kapal
itu memberi dampak yang mendalam kepada penduduk Southampton.
Menurut Hampshire Chronicle pada 20 April 1912, hampir 1.000
keluarga setempat terkena dampaknya secara langsung. Hampir setiap jalan di
daerah Chapel kota tersebut kehilangan lebih dari satu penduduk dan
hampir 500 rumah kehilangan keluarga.
Sebelum korban yang
terselamatkan sampai ke New York, pemeriksaan telah dibuat untuk
mengetahui apa yang terjadi atasTitanic, dan apa yang dapat dilakukan
untuk menghindari terulangnya peristiwa itu. Senat Amerika Serikat memulai
pemeriksaan mengenai musibah Titanic pada 19 April, sehari
selepas Carpathia tiba di New Yorkdengan yang selamat.
Ketua Penyelidikan, Senator William Alden Smith, ingin mengumpulkan
kesaksian penumpang dan awak kapal saat masih segar dalam ingatan mereka. Smith
juga memerlukan panggilan tertulis warganegara Inggris untuk pengadilan pada
waktu mereka masih berada di negara Amerika. Pemeriksaan Amerika berlangsung
sampai tanggal 25 Mei Lord Mersey dilantik untuk mengetuai
penyelidikan Dewan Perdagangan Inggris mengenai musibah tersebut.
Pemeriksaan Inggris berlangsung antara 2 Mei dan 3 Juli. Setiap pemeriksaan
mengambil pendapat dari kedua penumpang maupun ABK Titanic, dan
ABK Californiandan pakar lain.
Para penyelidik
mendapati kebanyakan peraturan keselamatan ketinggalan zaman dan dengan itu
pelbagai langkah keselamatan baru diberlakukan. Kedua pemeriksaan mengenai
musibah tersebut mendapati kapten dan kapal Californian gagal
memberikan bantuan sewajarnya kepada Titanic. Pemeriksaan tersebut
mendapati bahwaCalifornian lebih dekat dengan Titanic berjarak
31 km (19,5 mil) yang disayangkan oleh Kapten Lord dan bahwa Lord seharusnya
membangunkan operator nirkabel setelah tembakan suar dilaporkan kepadanya.
Dikarenakan operator nirkabel Californian tidak bertugas, 29
negara mengesahkan Akta Radio 1912, yang menyamakan komunikasi radio,
terutama dalam keadaan bahaya.
Musibah tersebut
turut mendorong International Convention for the Safety of Life at Sea di London, Inggris,
pada 12 November 1913. Pada 20 Januari 1915, persetujuan ditandatangani oleh
organisasi tersebut dan menghasilkan pendirian dan pembiayaan Patroli Es
Internasional, agensi Pegawai Pesisir Amerika Serikat yang sampai hari ini
memantau dan melaporkan lokasi gunung es terapung Lautan Atlantik yang dapat
menjadi ancaman bagi jalur laut trans-Atlantik. Disetujui juga dalam peraturan
baru bahwa semua kapal penumpang perlu mempunyai perahu penyelamat yang
mencukupi bagi semua penumpang di atas kapal, dan latihan keselamatan yang
sesuai dilakukan, dan semua komunikasi radio dikendalikan 24 jam sehari bersama
pusat kendali kedua, agar tidak terlewatkan panggilan darurat. Sebagai
tambahan, disetujui bahwa tembakan suar berwarna merah dari kapal haruslah
dianggap sebagai tanda darurat dan bahaya.
|
Leonardo Wilhelm DiCaprio
Hollywood, California, 11 November 1974
Biografi :Hollywood, California, 11 November 1974
Leonardo DiCaprio memiliki nama lengkap Leonardo Wilhelm DiCaprio, lahir di Hollywood, California, 11 November 1974. Karir aktingnya diawali lewat sejumlah serial TV, kemudian berlanjut ke layar lebar, melalui debut filmnya CRITTERS 3 (1991), di mana ia memerankan tokoh Josh.
Kesuksesan Leonardo membintangi film terukir lewat sejumlah penghargaan yang diterimannya, di antaranya nominasi Academy Award meliputi film TITANIC (1997), WILLIAM SHAKESPEARE'S ROMEO + JULIET (1996), THE AVIATOR (2004), THE DEPARTED (2006) dan BLOOD DIAMOND (2006).
Sementara terkait kehidupan pribadinya, bintang yang juga populer lewat perannya sebagai Toby dalam THIS BOY'S LIFE (1993) itu, kini menjalin hubungan dengan bintang model Bar Rafael, setelah sebelumnya pernah menjalin asmara dengan tiga bintang model secara berurutan, model Gisele Bundchen, Vanessa Hayden dan Kristen Zang
.
"Berjanjilah
padaku, kau akan bertahan. Bahwa kau tidak akan menyerah, tidak peduli apa yang
terjadi. Tidak peduli bagaimana harapan."
|
What if Rose and Jack never met, how do you think Rose's life would have turned out? |
The drawing Jack made entitled
"Madame Bijou" wasn't really just any picture. The idea was taken
from an old 1933 photograph taken by Brassai called "Bijou."
|
What if you could turn back the time to
April 15, 1912? Would you tell Jack not to board Titanic when he won the
ticket?
|
"You
shine up like a new penny."
|
What if you had to pick between living a comfortable but loveless life or following your heart even if it meant financial hardship, what would you choose? |
"Titanic was called the ship of dreams. And it was, it really was…" |
Fun Fact: Petroleum jelly was used in the sequence where Rose spits on Cal. |
Rose: "I don't know the steps!" Jack: "Neither do I! Just go with it!" |
Rose accepted Jack's invitation to "Make it Count" and lived life to the fullest! SHARE with your friends if you have, too! |
Check out this behind-the-scenes photo featuring Kate Winslet, Leonardo DiCaprio, and director James Cameron! |
Did you know: Rose, in her old age, owns a Pomeranian which was one of only three dogs known to have survived the disaster. |
We just added new behind the scenes photos! Check them out and SHARE with your friends! |
If you could ask one question to a real-life survivor of Titanic, what would it be? |
What if Jack never won the poker game, how do you think his life would have turned out? |
Rose: "It's not up to you to save me, Jack." Jack: "You're right...only you can do that." |
What time did Rose meet Jack at the clock? |
The hands seen sketching Rose wearing the necklace are actually not Jack's…they're director, James Cameron's! |
What if you could peek into Rose's life post-Titanic, what do you think you'd see? |
"Rose, you're no picnic, all right? You're a spoiled little brat, even, but under that, you're the most amazingly, astounding, wonderful girl, woman that I've ever known…" |
Who's the Jack in your life? SHARE this post with your love and tag him/her in the comments section! |
What if Rose hadn't thrown the Heart of the Ocean into the sea…What do you think she should have done with it? |
It's been over 100 years since the Titanic set sail, changing people's lives forever...LIKE if the story continues to touch your heart! |
Jack: "Where to, Miss?" Rose: "To the ____." |
The most expensive first-class suite on the Titanic cost $4,350, the equivalent of about $75,000 today! |
What if Jack never won the poker game…Where do you think he and Fabrizio would live? |
Check out this behind-the-scenes photo featuring director James Cameron! |
Gloria Stuart who played modern day Rose was the only person in the production of the film who was actually living in 1912, the year Titanic set sail. |
Jack: "I figure life’s a gift, and I don’t intend on wasting it. You never know what hand you’re gonna get dealt next. You learn to take life as it comes at you, to make each day count.” |
Jack saved Rose "in every way a person could be saved." Do you have a person like that in your life? If so, SHARE this post with them! |
Titanic, the "ship of dreams," sank in the North Atlantic Ocean on April 15, _____ . |
Are you ready to see Leonardo DiCaprio as Jack Dawson on the big screen again?! |
Remember the scene with the orchestra playing? |
"I'm the king of the world!" |
James Cameron and producer Jon Landau at TITANIC Belfast®, where a new exhibit just opened dedicated to the film and its impact across the globe. |
James Cameron |
100 years ago at 11:40pm the Titanic struck an iceberg and in the early hours of April 15th she sank. Over 1,500 lost their lives...gone but not forgotten. |
Pictures of icebergs found near the area where the Titanic sunk. These icebergs come from the same glacier as the one that sank Titanic. |
TERJEMAHAN ALQUR’AN 30 JUZ
13.
SURAT 31. LUQMAN - SURAT 32. AS SAJDAH - SURAT 33. AL AHZAB - SURAT 34. SABA' - SURAT 35. FATHIR
23.
SURAT 101. AL QAARI'AH - SURAT 102. AT TAKAATSUR - SURAT 103. AL 'ASHR - SURAT 104. AL HUMAZAH - SURAT 105. AL FIIL - SURAT 106. QURAISY - SURAT 107. AL MAA'UUN - SURAT 108. AL KAUTSAR - SURAT 109. AL KAAFIRUUN - SURAT 110. AN NASHR - SURAT 111. AL LAHAB
SURAT 112. AL IKHLASH - SURAT 113. AL FALAQ - SURAT 114. AN NAAS
PENTING : jika Anda merasa website ini bermanfaat, mohon do'akan supaya Allah
mengampuni seluruh dosa-dosa Keluarga kami, dan memanjangkan umur keluarga kami
dalam ketakwaan pada-Nya. Mohon do'akan juga supaya Allah selalu memberi Keluarga kami rezeki
yang halal,melimpah,mudah dan berkah, penuh kesehatan dan waktu luang, supaya
kami dapat memperbanyak amal shalih dengannya.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan
bagi saudaranya [sesama muslim] tanpa sepengetahuan saudaranya,
melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.”
melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.”
(Hadits Shahih, Riwayat Muslim No. 4912)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar