Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Kamis, 07 Agustus 2014

K. H. Muhammad Arifin Ilham : Inilah Alasan Hamba Beriman Mengapa Semangat Selalu Berjamaah di Masjid



                                    
                                       



K. H. Muhammad Arifin Ilham : Inilah Alasan Hamba Beriman Mengapa Semangat Selalu Berjamaah di Masjid
Inilah alasan hamba beriman mengapa semangat selalu berjamaah mesjid,
Karena :
1.
Imannya cintanya rindunya kepada Allah, bukankah kekasih senang selalu berada di Rumah KekasihNya. Allah pun menyebut mesjid sebagai RumahNya ( QS An Nur 36).
2. Berjamaah di mesjid bukan hanya ibadah ritual jamaah tetapi membentuk ikatan sosial, persaudaraan dan persatuan sesama mu'min. Rasulullah bersabda, " Setiap makhluk punya markas, dan markas hamba yang beriman adalah mesjid".
3. Bukti keimanan kepada Allah. Allah pun menegaskan bahwa hanya hamba Allah yang benar imannya dan benar benar beriman kepada Allah yang memakmurkan mesjidNya. "Sesungguhnya hanya hamba Allah yang beriman kepada Allah dan Hari Akhirat sajalah yang memakmurkan mesjid mesjid Allah (QS At Taubah 18).
4. Lepas dari kemunafikan ibadah, karena Rasulullah mengingatkan keberatan orang munafik berjamaah isya dan subuh di mesjid. Sahabat nabi pun berkata, "kami tahu orang munafik karena mereka malas berjamaah subuh di mesjid.
5. Kunci keberkahan "baaroknaa haulahu" (QS Al Isro 1 ), jangankan hamba yang beriman ke mesjid itu, siapa dan apapun yang terdekat dan terkait dengannya, Allah berkahi, keluarganya, rizkinya, dan semua aktivitasnya.
6. Meraih doa Rasulullah yang beliau ulang tiga kali, "Ya Allah berkahilah aktivitas umatku di waktu fajar".
7. Disaksikan para Malaikat (QS Al Isro 78).
8. Rasulullah menjelaskan keutamaan dua rakaat sunnah fajar lebih baik dari dunia dengan segala isinya, lantas bagaimana dengan sholat fajar yang ditegakkan dengan berjamaah di mesjid, SubhanAllah.
9. Rasulullah mengkhabarkan gembira bahwa mereka yang subuh subuh gelap berjamaah di mesjid "biliqooin hasanin" dijamin meninggal terindah saat wafatnya, SubhanAllah.
10. Meraih sukses dunia akhirat ,"hayya alal falaah" mari meraih sukses, demikian doa kumandang adzan.
11. Setiap langkahnya adalah derazat, rahmat dan ampunan dosa. Karena itu Rasulullah mengulang tiga kali, "beruntung, beruntung, beruntung", "siapa mereka ya Rasulullah" tanya sahabat, "Mereka adalah yang rumahnya jauh dari mesjid tetapi tetap berjamaah di mesjid".
12. Kuburannya terang benderang.
13. Dibangkitkan dengan muka bercahaya pula, Rasulullah, "Khabarkan berita gembira bagi mu'min pejalan kaki subuh gelap kelak di akhirat dibangkitkan dengan muka bercahaya sempurna".
14. Melewati shirath seperti kilat menyambar.
15. Diantara tujuh golongan yang dilindungi Allah di akhirat adalah "qolbuhu muallaqun bil masaajidi" hatinya senang sekali berjamaah di mesjid.
16. Orang Yahudi paling takut akan kekuatan jamaah mesjid.
17. Rasulullah dan para sahabat tidak pernah meninggalkan sholat berjamaah di mesjid kecuali sakit, safar, perang dan wafat.
18. Sejarah mencatat ternyata infra struktur keberkahan kota Madinah, politik, ekonomi, sosial, budaya bahkan militer, semuanya bermuara dari mesjid.
19. Tradisinya orang orang sholeh "da'bush shoolihiin".
20. Saat qiyamat, Allah jadikan mesjid sebagai kapal besar yang akan mencari para pemakmurnya.
21. Setelah mengetahui sekian banyak keutamaan berjamaah di mesjid, pantaslah Rasulullah bersabda, "law habwah" merangkakpun hamba beriman tetap akan berjamaah di mesjid. Ayooo sahabat sholehku, apalagi alasan kita, menunggu apalagi, mulai azamkan diri, mumpung ada sisa umur, ayoooo kita berjamaah ke mesjid mulai waktu subuh. Raihlah Kemulian dan keberkahan hidup dunia akhirat...insya Allah...aamiin. Abang semangat sekali menulis ini karena sayang sekali pada kalian duhai sahabatku pria mu'min. Sebarkan ajakan mulia ini...

Nasehat Buya Yahya
Silaturahmi jasad yang tidak dibarengi silaturahmi hati hanya akan tambah merusak hati. Alangkah banyak orang bersilaturahmi jasad dan di saat berpisah justru mendapatkan bahan baru untuk menggunjing, menbenci dan mendengkinya buah dari yang dilihat saat bertemu.




Rosululloh SAW Bersabda yang artinya:
"Barangsiapa yang menunjukkan suatu kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukannya".
(HR. Imam Muslim)

Habib Umar bin Hafidz:"jadikanlah televisi,handphone,internet dan alat-alat lainya sebagai pelayan dan pembantu untuk agamamu ,jika tidak,alat-alat itu akan menghancurkan dirimu sedangkan engkau akan tertawa karena tidak menyadarinya,ia akan merusak hatimu,akalmu,akhlakmu,dan fikiranmu,tanpa engkau menyadarinya,engkau tertawa bahagia padahal alat-alat itu telah merusak hal-hal paling berharga yang kau miliki".

Sayangilah Ibu dan Bapak kita Sampai Akhir Hayat Mereka     

You might also like:
TERJEMAHAN  ALQUR’AN 30 JUZ
3.     SURAT 4. AN NISAA'
5.     SURAT 6. AL AN'AAM
6.     SURAT 7. AL A'RAAF

                                    
                                       

PENTING : jika Anda merasa website ini bermanfaat, mohon do'akan supaya Allah mengampuni seluruh dosa-dosa Keluarga kami, dan memanjangkan umur keluarga kami dalam ketakwaan pada-Nya. Mohon do'akan juga supaya Allah selalu memberi Keluarga kami rezeki yang halal,melimpah,mudah dan berkah, penuh kesehatan dan waktu luang, supaya kami dapat memperbanyak amal shalih dengannya.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya [sesama muslim] tanpa sepengetahuan saudaranya,
melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.”
(Hadits Shahih, Riwayat Muslim No. 4912)

3 komentar:

  1. K. H. Muhammad Arifin Ilham Sahabat sholehku, abang menulis hikmah ini di mihrob imam mesjid Az Zikra antara magrib dan penantian isya berjamaah. Ketahuilah sahabatku, kelezatan agama bukan hanya karena keyaqinan dan ilmu tentangnya tetapi pada KEIKHLASAN dan KESUNGGUHAN untuk selalu mengamalkannya dengan ISTIQOMAH.

    BalasHapus
  2. K. H. Muhammad Arifin Ilham
    SubhanAllah sahabat sholehku, kalau sungguh sungguh cinta Allah pasti selalu senang berjamaah di mesjid, saking senangnya berjamaah di mesjid, ia tidak peduli perbedaan yg tidak prinsip, apakah mesjidnya berqunut atau tidak, berzikir jahar atau siri, berdoa bersama atau tidak, Muhammadiyah atau NU, hujan turun malah menambah kenikmatan berjamaah ke mesjid. Karena faham benar "fadhooil" keutamaan berjamaah di mesjid, ia hormati perbedaan kecil yg tidak pokok itu, yg terpenting dirinya selalu berjamaah di mesjid berkumpul dg saudara saudara seiman. Mencari cari alasan tidak mau ke mesjid sebenarnya hanya karena malas, dan ini justru terjadi pada orang orang pintar bahkan pintar agamanya. Rasulullah dan para sahabat selalu berjamaah di mesjid kecuali dalam safar, sedang berperang, sakit dan wafat. Maafkan kalau jawaban abang membuat kalian tidak nyaman, insya Allah besok abang akan lanjutkan mengapa seorang mu'min senang dan bahagia berada dirumah Allah. Semoga Allah senantiasa berkahi persahabatan dan aktivitas da'wah kita...aamiin.

    BalasHapus
  3. K. H. Muhammad Arifin Ilham : SubhanAllah perempuan mu'minat tidak dilarang ke mesjid selama ada izin ayah atau suaminya dan tidak menimbulkan fitnah. Malah afdol ke mesjid kalau ada majlis ilmunya apalagi bersama suami tercinta. Jangan sedih untuk istri walau sholat sendiri di rumah krn suami berjamaah di mesjid. InsyaAllah keberkahan Allah untuk istri di rumah krn suaminya berjamaah di mesjid.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.