Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Sabtu, 28 Maret 2015

Mengenal Lebih Jauh Penyakit Meningitis Yang Menyerang Olga Syahputra



                                    
                                       

"Mengenal Lebih Jauh Penyakit Meningitis Yang Menyerang Olga Syahputra"



Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un.. Kabar duka kembali menghampiri dunia hiburan Tanah Air. Olga Syahputra telah meninggal dunia di Rumah Sakit Mount Elizabeth di Singapura,
Menurut informasi yang saya peroleh sejak kurang lebih satu tahun lalu Olga menderita meningitis dan harus dirawat intensive di Singapura. Lalu sudahkah anda tahu apa itu meningitis? berikut gejala dan proses perjalanan penyakitnya? kalau belum berikut ini sedikit info yang mungkin berguna bagi anda.
Meningitis adalah infeksi pada selaput pelindung yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.
Infeksi ini menyebabkan membran (meninges) menjadi meradang, yang dalam beberapa kasus dapat merusak saraf dan otak.

* Tanda dan gejala meningitis
Siapapun bisa terserang meningitis, tetapi bayi dan anak-anak di bawah usia lima tahun adalah yang paling berisiko. Seorang bayi atau anak dengan meningitis dapat mengalami beberapa gejala berikut ini:
- demam tinggi, dengan tangan dan kaki dingin
- muntah dan hilang nafsu makan
- merasa gelisah
- mudah mengantuk dan tidak responsif
- bernapas cepat
- tiba-tiba menangis keras dan merintih
- wajah tampak pucat, kulit tampak seperti jerawat, dan ruam merah
- leher kaku dan tidak suka lampu terang
- kejang- kejang
Gejala di atas dapat muncul semua, dan beberapa mungkin tidak muncul sama sekali. oleh karena itu jangan menunggu ruam berkembang. Jika anak Anda tidak sehat dan semakin parah segeralah pergi ke dokter terdekat.
 
Sementara itu gejala pada remaja dan orang dewasa mencakup:
- demam, dengan tangan dan kaki dingin
- muntah
- mengantuk dan kesulitan bangun
- kebingungan dan mudah marah
- nyeri otot yang parah
- wajah pucat, kulit jerawat, dan ruam yang khas (meskipun tidak semua orang akan memiliki ini)
- sakit kepala parah
- leher kaku
- kepekaan terhadap cahaya (photophobia)
- kejang
Sekali lagi, gejala ini dapat muncul dan atau tidak semua orang akan memiliki kesemua gejala diatas.
* Jenis meningitis
Ada dua jenis meningitis yang pertama meningitis bakteri yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis seperti Streptococcus pneumoniae. Sedangkan yang kedua adalah viral meningitis yang disebabkan oleh virus yang dapat menyebar melalui batuk, bersin dan kebersihan yang buruk.
 
Meningitis bakteri
Meningitis bakteri sangat serius dan harus diperlakukan sebagai keadaan darurat medis. Jika infeksi bakteri tidak diobati, dapat menyebabkan kerusakan otak parah dan menginfeksi darah (septikemia).
Semakin hari jumlah pasien terserang meningitis meningkat. Jumlah penderita baru menurun sejak diperkenalkannya vaksin yang melindungi terhadap banyak bakteri yang dapat menyebabkan meningitis, termasuk vaksin meningitis, vaksin MMR dan vaksin pneumokokus.
Penting untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala, dan untuk mendapatkan bantuan medis segera jika Anda merasa khawatir.
Meningitis bakteri paling sering menyerangi anak-anak di bawah usia lima tahun, terutama bayi di bawah usia satu tahun. Ini juga umum terjadi di kalangan remaja berusia 15 sampai 19.
Viral meningitis
Viral meningitis adalah yang paling umum. Sulit untuk memperkirakan jumlah kasus virus meningitis, karena gejala sering begitu ringan sehingga mereka keliru dengan gejala flu biasa. Viral meningitis paling sering terjadi pada anak-anak dan lebih luas terjadi selama musim kemarau / pancaroba.
 
*Bagaimana Mendiagnosis meningitis?
Mendiagnosis meningitis bisa sulit karena sering datang dengan cepat dan mudah keliru dengan flu, karena banyak gejala yang sama. Namun, sangat penting untuk segera mencari bantuan medis jika Anda melihat salah satu gejala meningitis, terutama pada anak kecil.
Para dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari tanda-tanda meningitis (lihat di atas) atau tanda-tanda septikemia, seperti ruam. Mereka juga akan melakukan sejumlah tes lainnya untuk memastikan diagnosa.
Viral meningitis biasanya akan lebih cepat membaik dalam beberapa minggu, dengan banyak istirahat, obat penghilang rasa sakit untuk sakit kepala dan pemberian obat anti muntah.
Sementara itu untuk Meningitis bakteri diobati dengan antibiotik intravena (melalui pembuluh darah). Perawatan intensive di rumah sakit akan sangat dibutuhkan, sehingga fungsi vital tubuh dapat dipantau.
Jika antibiotik tidak bekerja baik maka pasien akan perlu berada di rumah sakit selama seminggu atau Jika infeksi yang lebih parah, pasien mungkin perlu untuk tinggal lebih lama.
Beberapa dekade yang lalu, prospek pengobatan untuk meningitis bakteri tidak begitu baik, dan hampir semua orang yang memiliki kondisi meningitis akan mati. Saat ini, sebagian besar kematian disebabkan oleh septikemia (keracunan darah) ketimbang meningitis.
Penyakit meningokokus, meningitis atau septicaemia Neisseria meningitidis yang disebabkan oleh bakteri menghasilkan sekitar 1 kematian dalam setiap 10 kasus. Sampai seperempat orang mungkin mengalami komplikasi meningitis, seperti gangguan pendengaran, setelah meningitis bakteri.
Pencegahan Meningitis Dengan Vaksinasi
Cara terbaik untuk mencegah meningitis adalah dengan memastikan vaksinasi. Anak-anak terutama sangat penting mendapatkan vaksinansi untuk pencegahan. Ini juga penting untuk memberikan vaksinasi sebelum bepergian tertuama keluar negeri.
Nah itulah serba - serbi meningitis yang sebaiknya anda ketahui. Semoga kita akan semakin waspada akan beragam penyakit mengerikan disekitar kita. Mari mulai membiasakan hidup sehat dengan menjaga kebersihan dilingkungan kita.


====
You might also like:
SOLAS
====
                                    
                                       

Nasehat Buya Yahya
Silaturahmi jasad yang tidak dibarengi silaturahmi hati hanya akan tambah merusak hati. Alangkah banyak orang bersilaturahmi jasad dan di saat berpisah justru mendapatkan bahan baru untuk menggunjing, menbenci dan mendengkinya buah dari yang dilihat saat bertemu.




Rosululloh SAW Bersabda yang artinya:
"Barangsiapa yang menunjukkan suatu kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukannya".
(HR. Imam Muslim)

Habib Umar bin Hafidz:"jadikanlah televisi,handphone,internet dan alat-alat lainya sebagai pelayan dan pembantu untuk agamamu ,jika tidak,alat-alat itu akan menghancurkan dirimu sedangkan engkau akan tertawa karena tidak menyadarinya,ia akan merusak hatimu,akalmu,akhlakmu,dan fikiranmu,tanpa engkau menyadarinya,engkau tertawa bahagia padahal alat-alat itu telah merusak hal-hal paling berharga yang kau miliki".

Sayangilah Ibu dan Bapak kita Sampai Akhir Hayat Mereka     

You might also like:
TERJEMAHAN  ALQUR’AN 30 JUZ
3.     SURAT 4. AN NISAA'
5.     SURAT 6. AL AN'AAM
6.     SURAT 7. AL A'RAAF

                                    
                                       

PENTING : jika Anda merasa website ini bermanfaat, mohon do'akan supaya Allah mengampuni seluruh dosa-dosa Keluarga kami, dan memanjangkan umur keluarga kami dalam ketakwaan pada-Nya. Mohon do'akan juga supaya Allah selalu memberi Keluarga kami rezeki yang halal,melimpah,mudah dan berkah, penuh kesehatan dan waktu luang, supaya kami dapat memperbanyak amal shalih dengannya.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya [sesama muslim] tanpa sepengetahuan saudaranya,
melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.”
(Hadits Shahih, Riwayat Muslim No. 4912)

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.