Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Sabtu, 23 November 2013

11 Tips Menjaga Kesehatan Prostat




Mencegah Masalah Prostat

11 Tips Menjaga Kesehatan Prostat

Saat ini, gangguan prostat telah menjadi masalah yang semakin banyak diderita oleh pria di seluruh dunia.

Disfungsi prostat yang tampaknya ringan, jika tidak ditangani dapat menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya dan bahkan kanker prostat.

Berikut adalah 11 tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan prostat:

1. Minimalkan konsumsi alkohol.

Alkohol dapat menetralisir seng (zinc) dan vitamin B6. Kedua zat ini penting untuk menjaga kesehatan prostat.

2. Pilih susu rendah lemak.

Beberapa peneliti percaya bahwa lemak jenuh dari produk susu dan daging merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko perkembangan kanker prostat.

3. Makan lebih banyak kedelai.

Studi klinis menunjukkan bahwa peningkatan rasio estrogen-testosteron seiring bertambahnya usia merupakan salah satu faktor yang berdampak buruk pada prostat.

Makan setidaknya 2 ons kedelai per hari akan menurunkan kadar estrogen dan membangun kembali keseimbangan optimal rasio estrogen-testosteron. Makanan kaya kedelai diantaranya miso, tempe, dan tahu.

 

4. Latihan kegel.

Latihan kegel bagus untuk meningkatkan aliran darah di daerah prostat dan organ urogenital.

Saat melakukan latihan kegel tarik/kencangkan semua otot di sekitar skrotum dan anus, tahan, kemudian lepaskan.

Melakukan 10 putaran latihan ini, beberapa kali dalam sehari, dapat memaksimalkan aliran darah ke jaringan prostat.

5. Ikuti diet yang sehat.

Makan lebih banyak buah dan sayuran akan memastikan tubuh mendapat pasokan antioksidan alami, vitamin, serta mineral.

Hindarkan lemak jenuh serta gula dalam makanan. Makanan dengan lemak tinggi bisa meningkatkan kadar testosteron yang dapat menyebabkan pembesaran kelenjar prostat.

Konsumsi jenis sayuran berbeda seperti kubis, kecambah, brokoli, serta jenis sayuran lain. Mengonsumsi 3 porsi sayuran per hari dapat menurunkan risiko kanker prostat sampai 45%!

6. Meningkatkan konsumsi Selenium.

Selenium sangat diperlukan untuk menjaga prostat tetap sehat.

Makanan yang mengandung Selenium adalah telur, kacang mete, kacang brazil, bawang putih, rumput laut, tuna, herring, kerang dan seafood lain, biji wijen dan bunga matahari, serta hati dan ginjal sapi.

7. Mengonsumsi minyak ikan.

Minyak ikan bisa didapat dari makan ikan langsung atau mengonsumsi suplemen minyak ikan.

8. Meningkatkan konsumsi Seng (Zinc).

Konsumsi Seng (Zinc) sebesar 15 mg per hari membantu prostat untuk berfungsi secara sehat. Sumber Seng antara lain biji labu, tiram, dan kacang-kacangan.

9. Meningkatkan konsumsi tomat.

Tomat mengandung lycopene yang baik bagi kesehatan prostat. Mengonsumsi tomat dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat.

10. Gunakan suplemen gizi.

Mengonsumsi suplemen multivitamin berkualitas dapat membantu menjaga kesehatan prostat. Vitamin yang dianjurkan antara lain Vitamin A (25.000 IU), Lycopene (10 mg), dan vitamin E (1.200 IU).

11. Menjalani gaya hidup sehat.

Pastikan tubuh mendapatkan istirahat sekaligus olahraga cukup. Berolahraga secara teratur dapat memperbaiki sistem kekebalan, pencernaan, dan mekanisme tubuh dalam mengeluarkan racun.

Olahraga dapat pula mencegah obesitas yang menjadi salah satu faktor risiko penyebab kanker dan penyakit lainnya. Olahraga teratur juga dapat mencegah pembengkakan prostat.

Terkait



10 Cara Alami Mencegah Kanker Prostat
Kanker prostat berkembang secara lambat dan banyak pria yang tidak sadar telah mengidapnya sampai ketika usianya sudah di atas 50 tahun dan sel kanker telah berubah menjadi ganas. Karena itu semua laki-laki terutama yang berusia diantara 40 sampai 50 tahun harus tahu bagaimana cara mencegah kanker prostat secara alami.
Saat ini alat tes medis seperti /Prostate-Specific Antigen (PSA)/ sudah dapat mendiagnosa kanker prostat di stadium awal. Dengan melakukan tes prostat tahunan menggunakan alat PSA, seorang pria dapat melakukan upaya pencegahan kanker prostat sejak dini.
Dari tes menggunakan alat PSA diketahui bahwa laki-laki muda pun yang masih berusia 40 tahun ke bawah sudah dapat mengidap kanker prostat. Sebab itu tanda-tanda awal kanker prostat harus dapat diketahui dengan jelas oleh setiap pria, ini karena adanya kemiripan gejala kanker prostat dengan jenis gangguan prostat yang lain.
Kabar baiknya adalah ditemukannya beberapa metode pencegahan kanker prostat secara alami sehingga resiko kanker prostat dapat dikurangi sejak dini. Dari penelitian diketahui bahwa kanker prostat dapat dicegah dengan mengkonsumsi cukup makanan nutrisi, obat herbal, dan melalui pendekatan medis alternatif.
Berikut ini 10 cara alami mencegah kanker prostat, dari menggunakan kebiasaan sehat sehari-hari sampai menggunakan pengobatan homeopati yang manjur:

 1. Minum air putih 8 sampai 12 gelas setiap hari. Air putih membantu tubuh memperlancar pembuangan air kecil (urination) sehingga saluran kemih tetap bersih.
 2. Minum jus delima sebagai asupan tambahan harian, Selain dapat mencegah, jus delima juga dapat menyembuhkan kanker prostat. Minum 8 0z jus delima setiap hari dapat menurunkan tingkat PSA pria penderita kanker prostat.
 3. Lakukan diet sehat kanker prostat. Hindari mengkonsumsi daging merah, dari penelitian diketahui bahwa ada korelasi yang kuat antara konsumsi daging merah dengan kanker prostat. Konsumsilah makanan sereal seperti gandum, oat dan dedak untuk mempertahankan asupan protein yang berkualitas di dalam tubuh.
 4. Makan banyak sayuran seperti brokoli, kubis brussel, kol, dan kembang kol. Jenis buah-buahan tertentu dapat menurunkan resiko kanker prostat,seperti apel, buah beri, melon dan semangka yang mengandung banyakfruktosa yang merupakan makanan pencegah kanker prostat. Tomat juga terbukti dapat menyembuhkan gangguan-gangguan pada prostat karena mengandung zat lycopene yang dapat mencegah kanker prostat dan mengecilkan ukuran tumor prostat.
 5. Tingkatkan asupan zinc Anda. Kelenjar prostat menggunakan seng lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya. Seng mengubah metabolisme hormon steroid, sehingga mengurangi pembesaran prostat.Konsumsilah minyak gandum dan biji labu kaya yang kaya mineral seng.
 6. Perbanyak konsumsi vitamin yang dapat menyehatkan prostat seperti vitamin D dan vitamin E yang merupakan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan kanker.
 7. Konsumsilah makanan pelindung prostat dalam diet anda seperti kedelai dan bawang putih. Kedelai mengandung genisten yang diyakini dapat menghambat pertumbuhan kanker. Bawang putih memiliki senyawa yang mengandung sulfur yang membantu melawan kanker.
 8. Cobalah produk-produk herbal seperti palmetto, pygeum, cernilton, dan Sengat Jelatang. Palmetto mengurangi pembesaran prostat dengan menghambat DHT dan membantu menghilangkan kanker dengan menurunkan tingkat estrogen. Pygeum, yang diperoleh dari kulit pohon, mengandung bahan kimia yang juga dapat menghambat pembesaran prostat. Cernilton terbuat dari serbuk sari gandum dan berhasil mengobati peradangan prostat. Sengat Jelatang adalah obat tradisional yang mengurangi pembesaran non-kanker prostat.
 9. Pengobatan homeopati disebut-sebut banyak yang berhasil mencegah kanker prostat. Tidak seperti terapi nutrisi lainnya, homeopati menggunakan zat-zat (dalam dosis rendah) yang menyebabkan gejala penyakit dalam tubuh untuk membantu menyembuhkan penyakit dengan gejala-gejala yang sama yang ditemukan pada pasien. Obat homeopati untuk gangguan prostat adalah Clematis, Chimaphilla Umbellata, Apis,Pulsatilla, Selenium, Staphysagria, Baryta carb, Kalibic, dan Causticum.
10. Cari tahu apakah ada dokter atau praktisi terapi alternatif di daerah Anda yang menggunakan terapi medan magnet. Dalam beberapa kasus ditemukan bahwa duduk di medan magnet beberapa jam sehari dapat menghambat pertumbuhan tumor. Jika Anda sudah mengidap kanker  prostat maka pengobatan ini bisa anda coba sebab tidak berbahaya bagi tubuh.
Tips dan Peringatan
Kanker prostat adalah salah satu gejala gangguan pada prostat yang umumnya menyerang laki-laki di usia tua, itulah sebabnya penyakit kanker prostat kadang disebut sebagai penyakit orang tua. Kanker prostat dapat dicegah selagi masih muda dengan menjalani gaya hidup sehat dan pola makan yang teratur. Untuk mencegah kanker prostat, lakukan 10 cara alami mencegah kanker prostat dan perhatikan dua tips di bawah ini:
1.Pencegahan dan penyembuhan kanker prostat cara alami sebagaimana disebutkan di atas harus dikombinasikan dengan uji prostate screening yang dilakukan secara reguler.
2.Selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai salah satu dari diet yang disebutkan di atas terutama yang menyangkut suplemen atau obat yang akan di konsumsi.


Mengapa Pembengkakan Prostat Harus Dicegah?

Tentu semua pria tidak ingin berhadapan dengan masalah pembengkakan prostat. Tetapi, kesadaran untuk mencegah kondisi itu biasanya datang terlambat. Bagi Anda yang merasa masih memiliki prostat yang sehat, sebaiknya Anda mulai melakukan tindakan pencegahan karena setiap pria berpotensi mengalami pembengkakan prostat di usia tuanya.

Oke! Mungkin Anda tidak terlalu peduli dengan pencegahan, karena penelitian menyebutkan, pembengkakan prostat tidak ada hubungannya dengan kanker prostat. Tetapi, apakah Anda siap dengan kemungkinan-kemungkinan berikut?

Kemungkinan 1: Komplikasi Pembengkakan Prostat
Pembengkakan prostat adalah masalah kesehatan yang sangat serius karena berpotensi mengganggu aktivitas urinasi penderitanya. Karena kandung kemih selalu berisi cairan yang seharusnya dibuang ke luar tubuh itu, maka penderita pembengkakan prostat dapat mengalami komplikasi berikut:

    Acute urinary retention (AUR). AUR adalah ketidakmampuan urinasi yang muncul dengan tiba-tiba dan sangat sakit. Untuk mengosongkan kandung kemih, pasien harus menggunakan kateter yang dimasukkan melalui penis. Bahkan, ada yang harus menjalani operasi.
    Infeksi saluran kencing. Beberapa pasien harus menjalani operasi pengangkatan prostat sebagai tindakan pencegahan infeksi saluran kencing.
    Kencing batu. Pembengkakan prostat akan membuat mineral-mineral menumpuk sehingga menyebabkan infeksi, iritasi kandung kemih, air seni mengandung darah, dan buang air tersendat.
    Kerusakan kandung kemih. Ini muncul bila kandung kemih tidak dikosongkan dalam waktu yang lama. Dinding-dinding otot kemudian menegang, melemah, dan tidak lagi berkontraksi dengan baik.Biasanya, mereka yang mengalami kerusakan kandung kemih karena pembengkakan prostat akan menunjukkan perkembangan positif setelah menjalani operasi pengangkatan prostat.
    Kerusakan ginjal. Ini disebabkan oleh infeksi dan AUR yang sering terjadi. Pembengkakan prostat juga dapat menyebabkan hydronephrosis, yaitu pembengkakan salah satu atau kedua ginjal karena air seni tidak dapat dikeluarkan dari ginjal tersebut.

Kemungkinan 2: Perawatan dan Pengobatan untuk Pembengkakan Prostat
Untuk pembengkakan prostat, umumnya ada tiga jenis obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter yaitu jenis alpha blocker yang akan merelaksasi otot-otot sekitar kandung kemih sehingga memudahkan untuk urinasi, enzyme inhibitor yang akan menyusutkan ukuran prostat, atau kombinasi kedua jenis obat tersebut.

Penggunaan obat-obatan untuk pembengkakan prostat membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi biaya yang akan Anda keluarkan, tentu tidak sedikit jumlahnya.

Obat-obatan biasanya diresepkan untuk mengendalikan gejala-hejala yang tidak terlalu ringan, karena bila sudah parah, maka yang dibutuhkan penderitanya adalah terapi dan/atau operasi.

Terapi yang digunakan untuk kondisi ini adalah terapi yang fokus pada pembesaran uretra sehingga memudahkan untuk buang air kecil.

Berikut adalah beberapa terapi yang dianjurkan untuk penderita pembengkakan prostat.

    Microwave therapy, yaitu prosedur yang menggunakan panas untuk menghancurkan bagian dalam kelenjar prostat yang membengkak. Panas itu disalurkan melalui kateter yang dimasukkan ke dalam penis pasien. Pasien harus menunggu beberapa minggu untuk mulai merasakan perubahan berarti. Selain itu, juga belum ada kepastian mengenai efektivitas jangka panjang terapi ini.
    Radiofrequency therapy, yaitu prosedur yang memanfaatkan gelombang radio untuk memanaskan dan menghancurkan bagian prostat yang menghalangi jalur urin. Terapi ini dinilai kurang efektif dibandingkan operasi tradisional dalam hal mengurangi gejala-gejala dan melancarkan arus urin. Efektivitas jangka panjangnya juga belum diketahui dengan pasti. Terapi ini juga memiliki efek samping, yakni urin yang tertahan, ada bercak darah di urin, sakit saat urinasi, dan sedikit mempengaruhi ejakulasi.
    Interstitial laser therapy, yaitu terapi untuk menghancurkan jaringan prostat yang membengkak dengan cara mengarahkan energi laser ke dalam pembengkakan tersebut. Umumnya penderita butuh dua minggu untuk kembali ke aktivitas rutin dan aktivitas seksual.
    Prostate stents, yaitu sejenis tube metal yang dimasukkan ke dalam uretra dengan maksud untuk memperlebar dan membiarkannya tetap terbuka. Tube ini memang bisa memperlancar urinasi, tetapi tidak memberikan perkembangan berarti terhadap gejala-gejala pembengkakan prostat.

Ada pula kondisi pembengkakan prostat yang mengharuskan penderitanya untuk menjalani operasi. Operasi dianjurkan bila pembengkakan sudah parah dan/atau memiliki komplikasi, seperti infeksi saluran kencing, kencing batu, hematuria, urin tertahan, atau ginjal rusak. Operasi-operasi itu berkisar dari membuang jaringan yang membengkak, memotong bagian prostat yang membengkak, menghancurkan bagian yang membengkak dengan menggunakan laser berenergi tinggi, atau prostatektomi terbuka yang membuang bagian dalam prostat yang membengkak.

Pembengkakan prostat dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat, berolahraga teratur, menghindari alkohol, dan menjalani pemeriksaan fisik secara rutin.






You might also like:
TERJEMAHAN  ALQUR’AN 30 JUZ
3.     SURAT 4. AN NISAA'
5.     SURAT 6. AL AN'AAM
6.     SURAT 7. AL A'RAAF

                                    
                                       

PENTING : jika Anda merasa website ini bermanfaat, mohon do'akan supaya Allah mengampuni seluruh dosa-dosa Keluarga kami, dan memanjangkan umur keluarga kami dalam ketakwaan pada-Nya. Mohon do'akan juga supaya Allah selalu memberi Keluarga kami rezeki yang halal,melimpah,mudah dan berkah, penuh kesehatan dan waktu luang, supaya kami dapat memperbanyak amal shalih dengannya.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya [sesama muslim] tanpa sepengetahuan saudaranya,
melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.”
(Hadits Shahih, Riwayat Muslim No. 4912)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar