Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Selasa, 16 Agustus 2011

Tips Agar Tetap Nyaman Saat Penerbangan Jauh










Jakarta - Berlibur ke Raja Ampat di Papua, Bunaken di Sulawesi utara atau Benua Eropa, tentunya sangat menyenangkan. Tapi sebelum menikmati keindahannya, Anda harus melewati dulu perjalanan belasan jam untuk sampai ke sana.

Berada di dalam pesawat dalam waktu lama, bisa sangat membosankan bahkan menimbulkan stres. Nah, agar tetap nyaman selama perjalanan, ada baiknya bisa Anda mengikuti beberapa tips yang dikutip dari Wikihow ini. Semoga perjalanan Anda menyenangkan!




























1. Pesan Kursi yang Tepat
Beberapa kursi memiliki kenyamanan berbeda, meskipun berada di kelas dan tarif yang sama. Anda bisa memilih nomor kursi di pinggir lorong atau dekat pintu keluar untuk memberi sedikit ruang lebih pada kaki. Kursi di pinggir jendela juga menjadi tempat yang nyaman jika Anda ingin tidur nyenyak selama perjalanan. Usahakan hindari memesan kursi dekat toilet, karena biasanya banyak penumpang lain lalu-lalang di area ini.

2. Bawa Bantal Travel
Siapkan bantal travel atau sandaran kepala jika Anda berencana tidur selama penerbangan. Tapi jangan gunakan bantal yang bisa ditiup, karena rasanya kurang nyaman untuk leher dan kepala.

3. Bawa Gadget untuk Menghibur Anda
Bawa sesuatu untuk mengusir kebosanan saat perjalanan. Misalnya iPod, iPhone, iPad, Nintendo DS atau CD player portable. Anda juga bisa membawa novel atau komik yang belum sempat dibaca.

4. Jangan Lihat Jam Selama Penerbangan
Berkali-kali mengecek jam tidak akan membuat penerbangan Anda lebih cepat sampai tujuan. Justu akan membuat perjalanan terasa sangat lama. Nikmati saja perjalanan Anda. Jangan melihat jam secara berkala dan hindari melihat peta yang menunjukkan posisi pesawat saat terbang.

5. Minimalisir Bawaan Koper dalam Kabin
Sebisa mungkin, kemas seluruh barang Anda di dalam koper yang ditaruh di bagasi pesawat. Usahakan Anda hanya membawa tas tangan, ransel atau koper ke kabin. Hal ini untuk memberi kenyamanan dan kemudahan selama Anda berada dan saat turun dari pesawat.

6. Berjalan-jalan
Selama diperbolehkan berdiri dari kursi, gunakanlah kesempatan ini untuk berjalan-jalan. Dalam perjalanan jauh dan berjam-jam, sangat penting mengganti posisi dari duduk ke berdiri untuk mencegah otot dan lutut Anda nyeri karena sirkulasi tubuh yang kurang baik. Lakukan peregangan dan putar-putar leher agar otot lebih lemas dan rileks.

7. Lindungi Tubuh dari Kekeringan
Pada ketinggian tertentu, udara di pesawat bisa sangat kering dan mungkin membuat tubuh dehidrasi. Minumlah banyak air, berikan beberapa tetes obat mata, dan oleskan lip balm yang mengandung shea butter atau petroleum jelly untuk mencegah bibir dari kekeringan.

8. Bawa Beberapa Majalah atau Koran
Jasa penerbangan biasanya menyediakan koran untuk dibaca. Tapi Anda bisa membawa beberapa majalah sendiri, dan bisa digunakan untuk mengatasi kebosanan selama penerbangan.

9. Makan Permen atau Camilan
Sempatkan untuk mengonsumsi makanan manis, beberapa kali saat penerbangan. Bisa berupa cokelat, permen, biskuit atau wafer. Makanan manis berguna mengganti energi yang hilang selama Anda berada di ketinggian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.