Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Kamis, 28 Juni 2012

Minibus Listrik Made in Indonesia Rp 900 Juta per Unit




Ini dia Minibus Listrik Made in Indonesia
Rp 900 Juta per Unit


Kementerian Riset dan Teknologi telah meluncurkan bus listrik berkapasitas 15 orang penumpang. Mau tahu berapa harga per unitnya?

Kepala Penelitian Bidang Transportasi LIPI Abdul Hafidz mengatakan purwarupa alias prototype bus listrik buatan anak negeri ini jika diproduksi secara massal bisa dijual dengan harga Rp 900 juta.

"Kalau asumsi produksi 1.000 unit, itu harganya 900 juta," ungkap Hafidz di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (26/6/2012).

Ditempat yang sama, Wamen ESDM Rudi Rubiandini Suharsyah menilai bus listrik buatan anak negeri ini merupakan kebanggan bagi masyarakat Indonesia dan juga sebagai solusi di tengah masalah energi.

Meskipun harga bus listrik relatif mahal, Rudi menilai hal tersebut bukan menjadi masalah jika dibandingkan dengan manfaatnya sebagai angkutan ramah lingkungan dan irit bahan bakar.

"Menurut saya, walaupun ini mahal ini harus dilakukan. Kita tidak boleh kalah karena mahal atau kurang ekonomis. Itu tidak apa-apa, biarkan biaya mahal itu kita bayar karena yang membuat itu anak negeri sendiri," imbuh Rudi.

Terkait masih tingginya harga bus listrik tersebut, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kemenperin Budi Darmadi mengatakan pihaknya masih menilai berbagai mobil ramah lingkungan yang termasuk dalam katagori low carbon emition energy.

Menurutnya, pemerintah akan membantu berupa stimulus yang dapat memperkecil biaya produksi pembuatan bus listrik tersebut.

"Jadi sebuah regulasi yang paling hemat nanti yang dapat kebijakan fiskal dan itu masih dalam proses untuk pemberian insentif," sebut Budi.




PENTING : Jika Anda merasa website ini bermanfaat, mohon do'akan supaya Allah mengampuni seluruh dosa-dosa Keluarga kami, dan memanjangkan umur keluarga kami dalam ketakwaan pada-Nya. Mohon do'akan juga supaya Allah selalu memberi Keluarga kami rezeki yang halal,melimpah,mudah dan berkah, penuh kesehatan dan waktu luang, supaya kami dapat memperbanyak amal shalih dengannya.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya [sesama muslim] tanpa sepengetahuan saudaranya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (Hadits Shahih, Riwayat Muslim No. 4912)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.