Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Jumat, 15 Februari 2013

NASA: Hari Ini Sebuah Asteroid Akan Lewat Di Atas Indonesia Tapi Tak Berbahaya




NASA: Asteroid Akan Lewati Bumi Tapi Tak Berbahaya

NASA mengatakan asteroid akan melewati Bumi dengan jarak cukup dekat, paling dekat dengan Indonesia, namun tidak akan sampai menabrak Bumi.
 
CAPE CANAVERAL, FLORIDA — Sebuah asteroid selebar 150 feet atau sekitar 45,72 meter akan melewati , dengan jarak bahkan lebih dekat dari satelit cuaca atau alat komunikasi di luar angkasa. Asteroid ini merupakan benda angkasa dengan jarak terdekat yang akan melewati Bumi.

Tapi para ilmuwan dari lembaga antariksa NASA mengatakan asteroid itu sedikitnya berjarak 17.100 mil (27.250 kilometer) saat melewati Bumi Jumat (15/2).

“Asteroid itu tidak mungkin menabrak Bumi,” ujar Donald Yeomans, manajer program Obyek Dekat Bumi NASA di Laboratorium Propulsi Jet di Pasadena, California pada Kamis (8/2).

Bahkan kemungkinan tabrakan antara asteroid dan satelit sangat kecil, ujar Yeomans dan ilmuwan lainnya. Beberapa ratus satelit mengorbit pada jarak 22.300 mil, lebih tinggi dari jalur asteroid, meski para operator diperingatkan mengenai kedatangan obyek ini untuk memantau.

“Tidak ada yang telah atau akan menaikkan bendera merah,” ujar Yeomans. “Saya sendiri tidak mengantisipasi ada masalah apa pun.”

Tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, asteroid ini dianggap kecil. Sebagai kontras, asteroid yang menghantam Bumi dan memusnahkan dinosaurus 65 juta tahun lalu memiliki lebar 6 mil.

Namun Asteroid 2012 DA14, yang dinamakan berdasarkan tanggal penemuan, masih bisa menimbulkan pukulan keras.

Jika asteroid itu menabrak Bumi, yang ditegaskan lagi oleh para ilmuwan bahwa itu tidak akan terjadi, ia akan mengeluarkan energi 2,4 juta ton TNT dan menyapu daerah seluas 750 mil persegi. Itulah yang terjadi di Siberia pada 1908, ketika daerah hutan sekitar Sungai Tunguska diratakan oleh asteroid yang sedikit lebih kecil yang meledak sekitar lima mil di atas permukaan tanah.

Kemungkinan benda seukuran tersebut menghantam Bumi adalah sekali dalam 1.200 tahun. Benda angkasa yang melewati Bumi dengan jarak dekat namun tidak berbahaya seperti ini terjadi setiap 40 tahun sekali.

Kumpulan asteroid dalam tata surya berlokasi antara orbit-orbit Mars dan Yupiter, dan tetap stabil di sana selama miliaran tahun. Beberapa terkadang muncul di sekitar Bumi.
Asteroid yang akan melintas pada hari ini diperkirakan berjarak terdekat dengan Indonesia pada Jumat siang.

Asteroid ini akan lewat dengan kecepatan 17.000 mil per jam atau sekitar 27.400 kilometer per jam, sehingga kecil kemungkinannya akan terlihat. Ia delapan kali lebih cepat dari peluru yang ditembakkan senapan berkecepatan tinggi.

Oleh mata telanjang dan bahkan oleh teropong dan teleskop hanya akan terlihat sebagai titik cahaya kecil. Lokasi-lokasi utama untuk melihatnya adalah di Asia, Australia dan Eropa Timur. (AP/Marcia Dunn)
You might also like:
TERJEMAHAN  ALQUR’AN 30 JUZ
2.   SURAT 3. ALI 'IMRAN             
                                       

PENTING : Jika Anda merasa website ini bermanfaat, mohon do'akan supaya Allah mengampuni seluruh dosa-dosa Keluarga kami, dan memanjangkan umur keluarga kami dalam ketakwaan pada-Nya. Mohon do'akan juga supaya Allah selalu memberi Keluarga kami rezeki yang halal,melimpah,mudah dan berkah, penuh kesehatan dan waktu luang, supaya kami dapat memperbanyak amal shalih dengannya.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya [sesama muslim] tanpa sepengetahuan saudaranya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.”
(Hadits Shahih, Riwayat Muslim No. 4912)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar