Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Jumat, 11 April 2014

Rokok Membunuhmu



                                    
                                       




Rokok Membunuhmu
Kalimat 'Peringatan: Rokok Membunuhmu' menggantikan peringatan bahaya merokok di iklan-iklan rokok yang beberapa waktu biasa tertulis di iklan-iklan rokok. Namun ternyata masih banyak warga yang belum memperhatikan adanya perubahan kalimat peringatan yang lebih to the point itu. Apa kata Kemenkes soal kalimat peringatan di iklan rokok yang baru ini?

Prof dr Tjandra Yoga Aditama selaku Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes RI mengatakan dirinya belum tahu tentang hal tersebut. "Saya belum tahu itu. Ada di mana?" ujarnya saat dihubungi detikhealth pada Jumat (27/12/2013).

Terkait dengan peringatan tentang bahaya merokok, PP 109 tahun 2012 mengatur tentang pemasangan gambar menyeramkan yang merupakan efek yang ditimbulkan oleh rokok. Rencananya, PP tersebut akan mulai berjalan efektif pada bulan Juni tahun 2014.

"Kami (pemerintah) memang sudah mengirimkan master filenya pada beberapa perusahaan rokok," lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa pemerintah tidak menginstruksikan pada perusahaan rokok tersebut untuk mengubah kata-kata peringatannya. Menurutnya, perubahan kata-kata tersebut merupakan inisiatif dari perusahaan rokok untuk mendukung PP 109.





Bahaya Rokok
Rokok sudah diketahui berdampak buruk bagi kesehatan termasuk kematian. Diketahui konsumsi rokok di seluruh dunia sudah mengkhawatirkan, diperkirakan pada tahun 2030, kematian akibat rokok mencapai 8 juta per tahun.

Studi internasional menemukan dua perlima laki-laki di negara berkembang masih merokok atau menggunakan tembakau dan jumlah perempuan usia muda yang merokok makin meningkat. Hal ini sudah menujukkan adanya pola penggunaan tambakau yang mengkhawatirkan.

Meski tindakan anti merokok sudah banyak dilakukan di seluruh dunia seperti peraturan melarang merokok di tempat umum, memberlakukan larangan iklan dan memberikan peringatan bahaya kesehatan melalui gambar, tapi pada sebagian besar negara masih menunjukkan tingkat berhenti merokok yang rendah.

"Walaupun 1,1 miliar orang telah tercakup dalam penerapan kebijakan tembakau sejak tahun 2008, tapi 83 persen dari populasi dunia tidak mendapatkan 2 atau 3 kebijakan ini," ujar Gary Giovino dari University at Buffalo School of Public Health and Health Professions, New York, seperti dikutip dari Foxnews, Sabtu (18/8/2012).

Badan kesehatan dunia (WHO) menuturkan tembakau telah membunuh hingga setengah dari penggunanya. Ini karena merokok bisa menyebabkan kanker paru, penyakit pernapasan kronis, faktor risiko utama penyakit jantung, dan menjadi penyebab kematian nomor 1.

Tembakau telah membunuh sekitar 6 juta orang per tahun di seluruh dunia termasuk lebih dari 600.000 non-perokok yang meninggal akibat paparan perokok pasif. Jika kecenderungan ini terus berlangsung, maka pada tahun 2030 diperkirakan tembakau membunuh 8 juta orang pertahunnya.

"Tanpa adanya tindakan yang segera, penggunaan tembakau ini bisa membunuh sekitar 1 miliar dari penduduk. Kami mendesak negara-negara untuk bertindak sekarang dan mengatasi krisis yang ada," ujar Matthew L Myers, presiden, U.S.-based Campaign for Tobacco-Free Kids.

Saat ini diperkirakan ada 301 juta pengguna tembakau di China dan diikuti oleh India yang hampir 275 juta. Negara-negara lain yang terlibat dalam studi ini adalah Bangladesh, Meksiko, Filipina, Thailand, Turki, Ukraina, Uruguay dan Vietnam.

Para peneliti mengungkapkan adanya peningkatan penggunaan tembakau di kalangan perempuan muda, hal ini juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Sekitar 64 persen orang menggunakan rokok yang diproduksi, sedang lainnya masih menggunakan cara tradisional seperti mengunyah tembakau



MUI: Fatwa Mubah Rokok Patut Dipertanyakan



Habib Umar bin Hafidz:"jadikanlah televisi,handphone,internet dan alat-alat lainya sebagai pelayan dan pembantu untuk agamamu ,jika tidak,alat-alat itu akan menghancurkan dirimu sedangkan engkau akan tertawa karena tidak menyadarinya,ia akan merusak hatimu,akalmu,akhlakmu,dan fikiranmu,tanpa engkau menyadarinya,engkau tertawa bahagia padahal alat-alat itu telah merusak hal-hal paling berharga yang kau miliki".
Sayangilah Ibu dan Bapak kita Sampai Akhir Hayat Mereka     

You might also like:
TERJEMAHAN  ALQUR’AN 30 JUZ
3.     SURAT 4. AN NISAA'
5.     SURAT 6. AL AN'AAM
6.     SURAT 7. AL A'RAAF

                                    
                                       

PENTING : jika Anda merasa website ini bermanfaat, mohon do'akan supaya Allah mengampuni seluruh dosa-dosa Keluarga kami, dan memanjangkan umur keluarga kami dalam ketakwaan pada-Nya. Mohon do'akan juga supaya Allah selalu memberi Keluarga kami rezeki yang halal,melimpah,mudah dan berkah, penuh kesehatan dan waktu luang, supaya kami dapat memperbanyak amal shalih dengannya.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya [sesama muslim] tanpa sepengetahuan saudaranya,
melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.”
(Hadits Shahih, Riwayat Muslim No. 4912)

1 komentar: