Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Sabtu, 16 Oktober 2010

BERDEBAR-DEBAR

Sejalan dengan pertumbuhan janin, tekanan terhadap jantung dan paru-paru semakin meningkat. Ditambah dengan pertambahan jumlah darah yang mengalir, beban kerja jantung semakin berat dan meningkatkan denyut nadi.

Sebagai misal, beban yang sangat berat akan dirasakan oleh sekujur tubuh pada saat menaiki tangga. Pada saat ini darah berusaha mengalir ke seluruh tubuh tanpa kecuali, sehingga jantung harus bekerja beberapa kali lebih berat dari biasanya. Dengan sendirinya hal ini akan meningkatkan denyut nadi.

Untuk itu disarankan untuk tidak terlalu memaksakan diri, sebaiknya segera beristirahat. Lebih baik memilih jalan memutar meski jadi lebih jauh, atau meski menaiki tangga sebaiknya diselingi dengan istirahat beberapa kali. Begitu terasa debaran jantung menguat, sebaiknya segera beristirahat dan menarik napas panjang sampai normal kembali. Tidak perlu dikhawatirkan adanya gangguan pada jantung. Karena apabila ada gangguan pada jantung, meski beristirahat dan menarik napas panjang tidak akan segera kembali normal.

Selain itu gejala yang sama bisa juga disebabkan oleh kurang darah, yaitu bentuk sel darah merah dalam darah mengecil. Untuk itu perlu melakukan pemeriksaan darah untuk bisa mengetahui kondisi yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.