Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Senin, 24 Januari 2011

Cara Pintar Turunkan Berat Badan

BANYAK cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, tak sedikit pula orang yang mengambil cara salah dan berbahaya agar dapat tampil lebih ramping. Malah, usaha itu membuat tubuh kian melar.

Brittany Glassett, seorang ahli diet di Porter Adventist Hospital di Denver, menyarankan untuk menggunakan apa yang dia sebut sistem 'SMART' untuk membuat sasaran atau tujuan bagi diri sendiri. SMART adalah akronim untuk beberapa tujuan, yakni specific (spesifik), measurable (terukur), attainable (dapat dicapai), realistic (realistis) dan timely (tepat waktu).

Untuk sisi spesifik, misalnya, tidak hanya berencana untuk makan yang lebih baik. Tapi buatlah tujuan tertentu, seperti makan makanan cepat saji kurang dari tiga kali sebulan.

Tuliskan tujuan Anda dan fokus hanya pada satu atau dua pada satu waktu untuk menghindari Anda kewalahan. Kemudian terus bekerja pada satu atau dua tujuan sampai Anda melakukan perubahan, mengingat bahwa diperlukan sekitar tiga pekan untuk mengadopsi kebiasaan baru.

Glassett juga menyarankan untuk berpikir tentang tujuan-tujuan atau sasaran kecil. Daripada mengatakan bahwa Anda akan kehilangan berat badan 22 kilogram, lebih baik pertimbangkan untuk menyusutkan berat badan 2,3 kg selama empat pekan.

Dan dapatkan dukungan dari keluarga dan teman. Biarkan mereka tahu tentang tujuan Anda dan beritahu mereka untuk memberi kesempatan Anda mempertanggungjawabkannya.

Glassett juga telah membuat daftar tentang apa yang dia sebut sebagai enam perubahan kecil yang membuat perbedaan besar:

* Makan lebih banyak gandum utuh, yang mengandung serat yang menyehatkan jantung bersama dengan vitamin dan mineral. Serat dapat membantu Anda tetap kenyang di antara waktu makan.

* Tambahkan aneka warna ke piring Anda melalui untuk beberapa makanan seperti buah-buahan dan sayuran. Cobalah menempatkan tiga warna pada piring yang bukan putih, krem atau kuning.

* Jangan melewatkan makan. Dan pertimbangkan untuk makan dalam porsi kecil setiap tiga atau empat jam sekali ketimbang satu porsi lebih besar tapi jarang.

* Kurangi minuman soda, jus dan kopi berkalori tinggi, yang dipenuhi dengan kalori kosong.

* Ganti minyak nabati dengan minyak canola dan minyak zaitun, yang lebih baik bagi jantung Anda.

* Buatlah catatan harian makanan, boleh anya untuk beberapa hari sepekan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang dapat memantau apa yang mereka makan lebih sukses menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

http://www.metrotvnews.com/mobile-site/text-detail.php?read=40486&tgl=2011-01-24



Tidak ada komentar:

Posting Komentar