Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Minggu, 08 Februari 2009

BERAT BADAN BAYI DAN TEKANAN DARAH TINGGI

BERAT BADAN BAYI DAN TEKANAN DARAH TINGGI

Berat badan bayi yang rendah dalam kelahiran dapat menyebabkan bayi menderita tekanan darah tinggi jika ia telah dewasa nanti, demikian penelitian yang dilakukan oleh dua orang peneliti dari Universitas Tasmania, Dr. Terence Dwyer dan dari Imperial College School of Medicine, London, Dr. Neil Poulter.
Berat badan bayi yang kurang ini disebabkan oleh kurangnya nutrisi atau ketatnya diet yang dijalani si Ibu selama masa kehamilan. Akibatnya, plasenta tidak berfungsi secara layak yang berakibat kepada tekanan darah janin. Sehingga jika ia dewasa atau dalam masa kanak-kanak akan mengalami tekanan darah tinggi.
Berdasarkan penelitian Dr.Dwyer terhadap 888 anak-anak ia menemukan bahwa bayi yang dilahirkan dengan berat badan kurang cenderung untuk memiliki tekanan darah tinggi dalam masa kanak-kanaknya.
Demikian juga penelitian yang dilakukan oleh Dr.Poulter. Ia meneliti sekitar 479 pasang anak kembar perempuan. Ia menemukan bahwa ketika sekarang mereka berusia 54 tahun dan diantara mereka yang dulunya lahir dengan berat badan kurang kini menderita tekanan darah tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar