Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Rabu, 05 Januari 2011

Gejala Darah Rendah


Pertanyaan

Saya mempunyai mertua yang saat ini sering gatal-gatal, mudah capek dan sering pusing jika saat berdiri setelah jongkok apakah ini merupakan gejala tekanan darah rendah? Bagaimanakah yang sebenarnya gejala tekanan darah rendah? Apa langkah yang harus saya lakukan? Terima kasih. Daniel, 26 tahun

Jawaban

Dear ananda Daniel,

Coba perhatikan, berapakah usia mertua ananda ini ? dan sebenarnya, ini bapak atau ibu mertua ? Lalu, gatal-gatal yang dikeluhkan ada di daerah mana saja ? Bagian tubuh yang mana atau mungkin seluruh tubuh ? Gatal yang dimaksud, diikuti tampilan yang seperti apa ? (bintik merah atau kulit kasar atau malah tidak ada / biasa-biasa saja ?). Hal ini penting untuk analisa penyebab lokal / sistemik, endogen / eksogen (kontak / kena paparan), ada keterkaitan dengan makanan tertentu, atau yang lain-lain.

Gatal-gatal sangat luas penyebabnya. Yang lokal saja tentu cukup bisa disembuhkan dengan obat topikal lokal anti gatal / anti 'pruritis', dan dapat juga berupa bedak / krim, yang dijual bebas di apotik. Bila gatal di tubuh secara menyeluruh (di dalam tubuh tertutup pakaian bersih yang sampai dengan di luar), pilihan obatnya adalah obat simptomatik (ini juga bisa diperoleh di apotik), yakni turunan AVIL, golongan non-steroid, dimakan saat gatal timbul atau bilamana tahu bahwa tubuh bereaksi alergi terhadap sesuatu yang tak terelakkan terjadi kontak. Avil ini ada juga dalam bentuk RETARD (non hipnotik - tidak membuat kantuk). Tetapi kalau gatal-gatal disertai perubahan-perubahan / gangguan lain, yang tersering pada gangguan metabolisme bilirubin di hati, ini berarti harus ditanggulangi tuntas sampai ke pokok penyebab gangguan faal hati tersebut (ada prediksi 3F : "Fourthy - Fatty - Female").

Sering capek dan pusing karena gerakkan cepat saat bangun dari posisi jongkok / tiduran, itu memang bisa merupakan pertanda bahwa mertua mengalami hipotensi. Sebaiknya lakukan pemeriksaan untuk memastikan kebenaran langsung ke dokter di klinik / puskesmas / rumah sakit.

Tekanan darah rendah berarti hantaran nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh kurang. Yang paling peka akan keadaan ini adalah sel saraf, otak dan otot, makanya jadi cepat capek, pusing dan kurang gesit secara fisik dan psikis. Sebaiknya segera bawa mertua ananda untuk melakukan "check-up" ke dokter umum terdekat, supaya benar jelas penyakit apa yang dikeluhkan mertua itu. Karena bisa saja mertua terdiagnosa cuma menderita anemia (kekurangan butir sel darah merah), belum sepenuhnya hipotensi. Anemia merupakan salah satu diagnosa banding dengan arah hipotensi, tapi terapi penyembuhan keduanya tidak sama.

Demikian keterangan dari saya, semoga bisa membantu dalam mencapai langkah mengobati mertua ananda.
Dr.Esty

Tidak ada komentar:

Posting Komentar