Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Rabu, 05 Januari 2011

MEROKOK DAN KESEHATAN


Semua orang juga tahu kalau merokok itu berbahaya. Tapi ya kita nggak perlu ngomongin itu lebih jauh. Tapi yang penting, gimana perokok bisa memulai berhenti menghentikan kebiasaan yang mengancam kesehatan itu. Nah, berikut langkah-langkah yang bisa bantu kamu berhenti ngerokok plus, kamu dapat hadiah apa jika bisa kuat berhenti merokok dalam jangka waktu yang lama. Makin lama hadiahnya makin besar lho!


Minum Banyak air
Meminum air putih akan membantu mengeluarkan nikotin dan bahan kimia lainnya dari tubuh lebih cepat. Gunakan sedotan untuk memenuhi keinginan merokok.

Bernafas Dalam-dalam
Kebanyakan orang tidak memaksimalkan kemampuan paru-paru mereka. Hiruplah nafas dalam-dalam 10 kali, hembuskanlah perlahan-lahan dan matikan api dari 'lighter' Anda. 'Take a deep breath' jangan lakukan 'cigarette break'

Tunda
Tundalah menyalakan rokok pertama Anda selama 1 jam setiap hari. Saat keinginan untuk merokok muncul kembali, tundalah selama setengah jam. Anda berkuasa penuh saat Anda mengatakan TIDAK.

Lakukan sesuatu yang berbeda
Janganlah langsung merokok saat pertama kali merasakan keinginan untuk merokok. Tunggulah beberapa menit dan lakukanlah aktivitas yang berbeda. Ubahlah kebiasaan Anda!

Nah, ini hadiah buat kamu yang udah sukses berhenti merokok. Hadiah langsung tanpa diundi. Ingat, sehat itu mahal lho.

20 menit
Tekanan darah dan denyut nadi kembali normal
8 jam
Kandungan Nikotin dan karbon monoksida dalam darah turun setengahnya. Kandungan oksigen kembali normal
24 jam
Kandungan karbon monoksida akan hilang. Paru-paru mulai membersihkan lendir dan zat-zat lain yang disebabkan oleh rokok.
48 jam
Tidak ada lagi nikotin yang tersisa di dalam tubuh anda. Kemampuan penciuman dan merasakan meningkat.
72 jam
Pernafasan menjadi lebih baik, saluran ke arah paru-paru mulai bekerja pada level normal dan level energi tubuh meningkat.
2 - 12 minggu
Sirkulasi darah semakin baik
9 bulan
Masalah pernafasan (batuk-batuk, nafas terengah-engah) dapat diatasi karena fungsi paru-paru meningkat 10 %.
1 tahun
Risiko serangan jantung berkurang setengah dari orang yang merokok.
10 tahun
Risiko kanker paru-paru berkurang setengah orang yang merokok.
15 tahun
Risiko serangan jantung berkurang menjadi sama dengan seseorang yang tidak pernah merokok (detikmagz)

Kenapa Gak Boleh Ngerokok di Ruang Tertutup /Ber-AC?

kenapa orang merokok tidak boleh di dalam ruangan yang tertutup dan berase,karena di tempat kerja saya ber AC,saya selalu merokok.terima kasih atas jawabanya. ardiyan, 23 tahun kosongJawaban :
Anand
a Ardiyan, Cukup dapat dimengerti sirkulasi udara sangat terbatas di tempat dengan udara tertutup dan ber-AC. Pernafasan perlu udara yang sehat, segar, dengan kandungan oksigennya, dan pembuangan udara produk metabolisme tubuh CO2 lancar terbuang jauh keluar, jangan sampai terhirup lagi. Perlu ananda ketahui, merokok di ruang ber-AC ataupun merokok di dekat orang tidak merokok itu sangat tidak beretika, karena bukan saja ananda meracuni diri sendiri tapi ananda membagi racun itu kepada orang lain. Resiko terkena dampak negatif yang terhasil dari rokok buat perokok dan orang sekitarnya yang tidak merokok (bisa dibilang sebagai perokok pasif) sama besarnya. Sekarang, apakah ananda segitu teganya mencelakakan orang lain akibat kebiasaan buruk ananda sendiri seorang ?! Pemerintah sendiri sudah melarang perokok merokok di tempat umum seperti kantor, restoran, supermarket, mall dan tempat umum lain, kecuali jika di tempat-tempat itu telah tersedia ruangan khusus untuk merokok. Pemerintah telah menghimbau para pengelola tempat umum untuk menyediakan ruangan khusus perokok supaya tidak mengganggu orang lain. Apakah di kantor ananda telah tersedia tempat seperti itu ? Jika ada, berarti ananda telah sengaja mengabaikan, berbuat seenaknya dan secara langsung-tidak langsung mencelakakan orang lain. Api / nyala rokok perlu gas oksigen, bisa dimengerti bahwa ini menimbulkan adanya kompetitif terhadap kebutuhan hirupan oksigen oleh paru-paru, dan asap rokok sangat berdampak buruk terhadap sel pelapis tubuh organ dalam kita, khususnya lapisan endotel. Telah ada laporan menghirup asap rokok menyebabkan kanker di membran paru, leher rahim dan payudara. Ananda menikmati rokok yang jelas-jelas pastinya ananda sudah tahu kalau itu bisa memperpendek umur ananda dan menyebabkan komplikasi penyakit-penyakit dalam lainnya, tapi kalau ananda merokok di ruangan ber-AC atau di manapun di dekat orang lain yang tidak merokok, berarti ananda telah mencelakai orang lain juga. Ayo perbaiki kebiasaan buruk ananda ini. Tidak ada untungnya untuk ananda, apalagi tidak ada untungnya untuk orang yang seruangan dengan ananda. Demikian jawaban dari saya, semoga bisa dimengerti dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar