Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Jumat, 12 November 2010

Diare yang Kronis

Banyak orangtua yang tidak menyadari bahwa anaknya menderita diare kronik yang tidak jelas.
"Anak yang menderita jenis diare seperti ini akan mengalami buang air besar yang…. Dalam jangka waktu yang lama, tapi yang lainnya sehatnya saja, kata Dr. Carlos Lifschits di USDA/ARS Children's Nutrition Research center di Baylor College of Medicine Houston. "Biasanya menimpa anak usia 1 tahun kadang bisa juga sampai anak usia 3 tahun'.

Diare kronis yang tidak khas ini didefinisikan sebagai setiap peningkatan dari jumlah gerakan buang air besar perhari dan meningkatnya kandungan air dari faecesnya yang tidak berhenti sampai 15 hari. Itu adalah tidak khas karena terjadi tanpa penyebab yang khusus.

Anak membutuhkan air minum yang banyak pada saat panas, atau musim kemarau, tapi jumlah air atau jus buah yang berlebih dapat berkontribusi terhadap diare kronis yang tidak khas ini. "Banyak orangtua akan memberi cairan yang lebih banyak kepada anak yang menderita diare seperti ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi" kata Lifschitz. "Semakin banyak cairan sama dengan semakin banyak cairan dalam faeces, dan kita menciptakan lingkaran setan karenanya".

Hal yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter ketika anak mengalami diare. Parasit juga bisa menjadi penyebab diare dan anak perlu diperiksa. Satu cara untuk menghentikan diare kronik yang tidak khas ini adalah mengurangi jumlah pemberian cairan dalam jangka waktu yang pendek.
"Biasanya diperlukan 2 sampai 3 hari bagi dokter untuk menentukan apakah cairan ini berkontribusi terhadap diare" kata Lifshitz. "Beberapa jenis jus buah yang popular mengandung kombinasi gula yang membuat mereka kurang dapat diserap. Gula yang kurang dapat diserap akan menarik air lebih banyak, dan ini yang membuat menjadi diare".

Lifschitz mengatakan orangtua mungkin harus menghadapi anak yang agak aneh ketika mereka minum minuman kesukaan, tapi hal itu dapat bermanfaat di waktu mendatang. Ingat pengawasan secara medis adalah penting di dalam mengatasi diare pada anak.
(disadur bebas dari CNRC - Nutrition Information Service)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar