Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Jumat, 12 November 2010

DIET BIJAKSANA UNTUK MENGHINDARI GANGGUAN JANTUNG



Diet tampaknya menjadi mantra bagi mereka yang ingin hidup sehat. Hal ini tidaklah berlebihan, karena banyak gangguan kesehatan bermula dari diet yang kurang baik. Sebenarnya, jika kita mau memperhatikan dan mengatur makanan kita sehari-hari, banyak gangguan kesehatan yang dapat kita hindari.

Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti akhir-akhir ini ialah gangguan jantung. Penyakit jantung termasuk salah satu dari penyebab kematian utama di dunia. Parahnya, gaya hidup orang modern kerap menjadi faktor risiko yang dominan, yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan jantung. Kebiasaan untuk duduk berlama-lama dan kurang bergerak, merokok, mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh dan kolesterol tinggi, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan bekerja terlalu keras adalah contoh faktor risiko gangguan jantung.

Variasi Makanan
Bagi mereka yang ingin menghindari gangguan jantung, selain menghindari faktor-faktor risiko tadi, juga dapat mengupayakannya dengan diet yang baik. Pertama ialah memperbanyak jenis makanan yang dimakan. Setiap jenis makanan mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda. Untuk buah-buahan misalnya, strawberry merupakan sumber vitamin C yang baik, sedangkan blackberry merupakan sumber folat yang kaya. Dengan memperbanyak jenis makanan, Anda akan meningkatkan kemungkinan memperoleh manfaat maksimal dari makanan yang Anda konsumsi, asalkan kombinasi jumlahnya tepat. Untuk itu, Anda mungkin memerlukan daftar jenis makanan berikut kandungan nutrisinya.

Hal lainnya ialah mengurangi konsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh dan kolesterol. Lemak memang merupakan salah satu sumber kalori, yang dibutuhkan agar tubuh memiliki tenaga. Tetapi dianjurkan agar kebutuhan kalori dari lemak kurang dari 30%, sehingga mengurangi risiko timbulnya gangguan jantung.

Demikian juga dalam hal konsumsi gula, kafein, garam, sodium, dan minuman beralkohol. Jika Anda dapat menghindarinya, seperti minuman beralkohol, sebaiknya Anda berhenti mengkonsumsinya. Tetapi jika tidak, sebaiknya Anda menguranginya. Untuk lebih tepatnya, Anda dapat mengkonsultasikannya kepada dokter Anda. Ingatlah, dengan berlaku bijaksana, Anda telah membantu diri Anda sendiri dari serangan gangguan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar