Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Jumat, 12 November 2010

KELOID

ENAM bulan lalu, saya-pemuda lajang berusia 25 tahun-menjalani operasi di sekitar perut (dekat lambung), karena ada pendarahan akibat kecelakaan lalu-lintas.

Setelah dua bulan, pada bekas goresan pisau bedah muncul lipatan kulit keras yang disebut keloid (padahal sebelumnya tidak ada). Oleh dokter saya diberi salep (Medicassol 1 %)-yang hasilnya tidak efektif-dan obat-obatan penghilang rasa nyeri di sekitar luka (obat saraf, kata dokter).

Apakah bekas keloid itu bisa hilang? Haruskah ada penanganan khusus lanjutan oleh dokter kulit (bedah kosmetik)? Apa sebenarnya yang menyebabkan terjadinya keloid? Normalkah bila kadang-kadang timbul rasa nyeri di sekitar luka operasi?

Di sekitar lipatan paha dan daerah kemaluan juga ada benjolan kecil bulat yang kental dan ulet jika diraba (tetapi tidak sakit). Apakah benjolan itu berbahaya?

Jawaban

Keloid adalah jaringan parut yang tumbuh berlebihan. Keloid dapat terjadi setelah operasi, luka bakar, vaksinasi, bahkan juga pada jerawat yang besar. Pada mulanya luka yang terjadi menyembuh secara biasa, tetapi setelah beberapa bulan timbullah pertumbuhan jaringan parut berlebihan dan tampak menonjol di kulit. Kadang-kadang keloid ini dirasakan timbul setelah digaruk.

Keloid merupakan pertumbuhan jaringan parut yang tidak berbahaya, meskipun kadang-kadang ada rasa gatal dan rasa tidak nyaman. Tetapi, biasanya yang dikeluhkan oleh penderita adalah penampilan, karena keloid ini mudah tampak sehingga mengganggu secara kosmetik. Keloid lebih sering dijumpai pada orang kulit berwarna daripada orang kulit putih.

Sebenarnya pada beberapa keadaan pertumbuhan, keloid dapat berhenti sendiri bahkan dapat hilang sendiri. Tetapi pada umumnya untuk menghilangkan keloid diperlukan pengobatan dengan suntikan obat steroid atau salep steroid. Pengobatan ini biasanya akan dapat mengecilkan keloid.

Bila keloid dioperasi, kemungkinan besar luka operasi yang baru akan tumbuh lagi menjadi keloid. Oleh karena itu, biasanya di samping keloid dibuang dengan cara operasi, jaringan parut yang baru terbentuk disuntik steroid, sehingga tidak tumbuh keloid baru. Pengobatan lain-meskipun jarang-adalah dengan radiasi.

Rasa nyeri di sekitar luka operasi Anda biasanya akan hilang, meskipun dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan benjolan kecil yang terdapat di lipatan paha dan kemaluan Anda kemungkinan besar bukanlah keloid, tetapi kelenjar getah bening. Penyebab pembesaran kelenjar getah bening ini perlu dievaluasi dan untuk itu saya anjurkan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar