Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Rabu, 27 Oktober 2010

KESEMUTAN Saat Masa Hamil

Selama masa kehamilan timbul banyak perubahan pada tubuh, antara lain pelebaran kulit dan otot akibat berat badan yang bertambah dalam aktu singkat. Ini menekan pembuluh darah serta syaraf di sekujur tubuh. Khususnya untuk pembuluh darah di tubuh bagian bawah mengalami tekanan akibat rahim yang membesar. Ini menyebabkan peredaran darah kurang lancar, sehingga mengakibatkan pembengkakan pada kaki. Selain itu selama masa kehamilan, kandungan cairan dalam tubuh meningkat sampai sekitar 30% dari normal. Ini turut menambah pembengkakan pada kaki, dan akhirnya mengganggu peredaran darah di tubuh, sehingga timbul gejala kesemutan.

Gejala kesemutan ini akan hilang setelah persalinan. Untuk mengurangi ini, dianjurkan memijit tubuh dengan ringan selama atau segera setelah mandi. Ini akan membantu memperlancar peredaran darah. Juga berenang kehamilan sangat menolong.

Selain itu kekurangan mineral seperti kalsium dan zat besi turut berperan menimbulkan kesemutan. Untuk itu disarankan menambah konsumsi sayuran berwarna hijau sebagai tindakan pencegahan. Untuk mengurangi pembengkakan pada kaki disarankan mengurangi konsumsi garam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar