Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Rabu, 27 Oktober 2010

HEPATITIS B

Hepatitis adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus meskipun dapat juga disebabkan oleh alkohol dan racun lain. Meskipun terdapat bermacam-macam jenis penyakit hepatitis, hepatitis B adalah jenis hepatitis yang dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya melalui darah dan cairan tubuh lainnya. Hepatitis dapat juga ditularkan melalui hubungan kelamin dan jarum suntik yang dipakai bersamaan diantara pecandu obat bius dan diantaranya mengidap virus ini (termasuk juga jarum yang dipakai untuk piercing dan tato). Seorang perempuan hamil dapat juga menularkan hepatitis B ini ke jabang bayinya di dalam kandungan. Tetapi harap diingat bahwa seseorang tidak dapat tertular hepatitis B dari handuk, tempat duduk toilet dll. Hanya dapat ditularkan melalui darah atau cairan tubuh lain.

Bagaimana seseorang mengetahui ia terkena virus ini? Seseorang yang terjangkit hepatitis B akan merasa lelah terus menerus dan kehilangan nafsu makan , mirip dengan penyakit flu. Penderita merasa mual dan demam ringah. Atau dapat juga ia muntah. Hepatitis B dapat menyebabkan penyakit kuning , ditandai dengan kulit yang menjadi kekuning-kuningan dan mata yang memutih. Urine penderita berwarna kecoklat-coklatan atau berwarna the.

Sampai berapa lama penderita mengetahui bahwa ia mengidap hepatitis B? Seseorang yang terjangkit hepatitis B akan mempunyai gejala ini dari 1 sampai dengan 5 bulan kemudian. Beberapa orang yang mengidap hepatitis B tidak memperhatikan gejala ini sampai mereka sakit parah. Beberapa orang memiliki sedikit atau tidak ada gejala sama sekali. Meskipun ia tidak menyadari gejala yang timbul, ia dapat memindahkan penyakit ini ke orang lain. Ada juga orang-orang yang membawa virus ini di dalam tubuhnya secara terus menerus selama hidupnya.

Hepatitis B memang penyakit yang berbahaya dan sulit disembuhkan. Hepatitis B dapat menyebabkan kerusakan hati dan kanker hati. Karena itu bayi selalu disarankan untuk mendapat beberapa seri imunisasi hepatitis agar terhindar dari penyakit ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar