Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Rabu, 27 Oktober 2010

Celana Ketat menyebabkan Kemandulan

PH, Pria 19 Tahun, Tidak menikah, Yogya

Pertanyaan:
Dok, Aku mau tanya, Aku kan seorang cowok, 1. Apakah celana ketat bisa menyebabkan mandul ?
2. Aku pernah mimpi basah, tetapi aku memimpikan seorang cowok dan aku melakukan bercumbu dengan cowok itu, kemudian keluar sperma. Apakah itu normal ?
3. Kalau ada seorang cowok 'seksi', kadang-kadang "anuku" langsung berdiri, apakah itu normal juga ?
4. Kadang-kadang aku suka menyentuh kelamin cowok lain pada saat tidur, Dok, bagaimana cara menghilangkan kebiasaan seperti itu ?
5. Apakah onani terus menerus menyebabkan kemandulan ?
6. Memegang kemaluan pada saat mau tidur karena nafsu, apakah bisa menyebabkan penyakit kelamin ?
7. Apa saja Dok, yang menyebabkan penyakit kelamin ?

Jawaban:
Jika Anda hanya bermimpi basah dengan seorang cowok bukan berarti Anda seorang homoseks. Akan tetapi bila dalam kejadian nyata Anda terangsang dan memiliki keinginan untuk berhubungan seksual dengan pria maka itu dikategorikan homoseksual. Tentu saja homoseksual tidak normal karena lazimnya pria itu pasangannya adalah wanita, dan bukan dari sesama jenisnya. Untuk menghilangkan kebiasaan tersebut harus berawal dari keinginan diri sendiri dan bila perlu Anda dapat berkonsultasi pada seorang psikiater. Pemakaian celana yang ketat tidak menyebabkan terjadinya kemandulan dan penyakit menular seksual. PMS dapat ditularkan melalui kontak yang erat terutama hubungan seksual dengan berbagai variasinya seperti oral seks dan anal seks.(TR)

Kantung Testis Kendor
WIN, Pria 30 tahun, Tidak Menikah, Jakarta

Pertanyaan:
Sebelumnya saya ucapkan atas penjelasan dokter sebelumnya, namun masih ada beberapa hal yg ingin saya pertanyakan lagi, yg saya maksud kenapa kantung testis saya kendor dan tidak seperti orang-orang dewasa lainnya. Apakah saya dapat membahagiakan calon istri saya nantinya dokter. Terima kasih.

Jawaban:
keluhan serupa telah beberapa kali ditanyakan sehingga Anda dapat membacanya di jawaban konsultasi klinikria.com di bawah klasifikasi testis, skrotum dan daerah sekitarnya. (red)

Kulit Skrotum Keriput
AR, Pria 17 tahun, Tidak Menikah, Jakarta

Pertanyaan:
mengapa kulit skontrum saya lemas sekali (seperti punya kakek-kakek)? Kadang-kadang agak menegang ketika ingin buang air besar, tetapi kemudian lemas lagi. Bagaimana cara mengobatinya?

Jawaban:
masalah yang Anda keluhkan adalah normal-normal saja karena pada testis memang terdapat otot yang dapat mengencangkan dan melemaskan skrotum, yang tujuannya untuk menjaga suhu di dalam kantung kemaluan sehingga tetap dalam kondisi yang sesuai untuk proses pembuatan sperma. Jadi tidak perlu khawatir bahwa hal tersebut mengganggu "keperkasaan" Anda.(TR)

Testis Lebih Turun dan Rasa Tidak Enak
MJ, Pria 20 tahun, Tidak Menikah, Yogya

Pertanyaan:
Testis sebelah kiri saya lebih turun daripada yang sebelah kanan, kadang-kadang ada rasa yang tidak mengenakkan ,yang muncul kadang kadang saja. Perlu diketahui juga ,saya belum pernah melakukan hub. sex. Apakah itu merupakan suatu gejala kelainan ? Kalau ada obatnya apa? Saya juga merasa air seni saya hangat. Demikian keluhan dari saya.Terima kasih.

Jawaban:
Semua keluhan yang Anda sampaikan menurut kami masih normal-normal saja tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan sehingga tidak perlu dilakukan koreksi apapun. Mengenai air seni memang suhunya terasa hangat. Yang penting Anda cukup minum air putih minimal 2 liter sehari sehingga metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik. Bila kita kurang minum maka kencing akan berkurang dan warnanya akan menjadi bertambah pekat. Warna dan bau urine dapat juga dipengaruhi oleh makanan, vitamin dan obat-obatan tertentu.(TR)

Nyeri pada Buah Zakar
SLA, Pria 26 tahun, Menikah, Jakarta

Pertanyaan:
Yth, langsung saja ya, mengapa pada buah zakar saya sering timbul rasa sakit (nyeri), juga ditandai dengan warna kemerah-merahan pada buah zakarnya ? Perlu diketahui, buah zakar saya mempunyai besar yang berbeda (kendor sebelah). Saya sudah periksa ke dokter 4 kali dan sudah meminum obat, tapi sampai sekarang rasa sakit tersebut belum hilang. Tolong beritahu saya, apa nama penyakit saya (kata dokter yang saya kunjungi, saya mengalami radang pada buah zakar, apa betul ?) dan apa nama obat untuk menghilangkan rasa sakit tersebut ? Terima kasih

Jawaban:
Memang terdapat kemungkinan benar Anda mengalami radang pada buah zakar yang secara medis di sebut epididimitis yang pernah Anda obati keempat orang dokter tetapi belum menunjukkan perbaikan. Rasa sakit yang Anda rasakan saat ini bisa jadi pertanda bahwa penyakit tersebut belum tuntas atau belum diterapi dengan benar. Kami tidak tahu selama ini kemanakah Anda berobat, apakah ke dokter umum, dokter spesialis urologi atau ke spesialis yang lain. Meskipun demikian tampaknya Anda membutuhkan pendapat lain atau disebut juga second opinion. Karena Anda di Jakarta kami sarankan untuk datang ke Klinik Khusus Urologi di RS. Cipto Mangunkusumo, agar dapat diperiksa lebih jauh, sehingga dapat diberikan pengobatan yang tepat.(TR)

Nyeri Testis akibat Kerja Berat
NR, Pria 24 Tahun, Tidak Menikah, Solo

Pertanyaan:
Langsung saja ya Dok, di saluran atas testis saya sebelah kanan terdapat seperti pembesaran saluran tersebut, yang kalau habis jalan atau kerja berat terasa nyeri. Saya sudah pernah periksa di dokter internis, katanya mungkin terkena radang, terus dikasih obat, tapi sampai sekarang belum sembuh. Cuma berkurang pembesarannya, tapi kalo kerja berat pasti pembesaran saluran itu selalu muncul dan terasa nyeri. Bagaimana sebaiknya, apa nantinya akan mempengaruhi aktifitas seksual, soalnya kalau habis ereksi pasti terasa sakit, dan apakah mempengaruhi kualitas sperma ? Atas jawabannya terima kasih.

Jawaban:
Bisa saja pada saat itu terdapat radang, terapi bila sudah sembuh maka tidak akan ada keluhan pada saat beraktifitas. Adanya nyeri pada saat aktifitas dapat disebabkan adanya gangguan lain misalnya hernia atau varikokel, bila Anda menderita varikokel maka salah satu dampaknya adalah gangguan kesuburan. Sedangkan nyeri pada saat ereksi mungkin saja karena proses penyembuhan radang tadi yang belum tuntas bisa karena Anda tidak teratur minum obat atau karena kumannya yang tidak sensitif terhadap obat yang diberikan. Untuk itu tampaknya Anda memerlukan second opinion dari dokter lain dan untuk itu kami sarankan agar Anda pemeriksakan diri ke dokter spesialis urologi terdekat.(TR)

Vasektomi Mempengaruhi Kenikmatan Seks ?
BV, Pria 42 Tahun, Menikah, Amerika

Pertanyaan:
Dok, saya bermaksud ingin Vasektomi dan saya baca bahwa vasektomi adalah pemotongan saluran sperma dikelamin pria. Pertanyaan saya adalah: saat ejakulasi tentu tidak ada sperma yang keluar, lalu bagaimana rasanya, apakah tidak mempengaruhi kenikmatan seks ? Demikian pertanyaan saya, Dok. Semoga dokter suka menjawabnya dan mengirimkannya ke email saya. Terima kasih dok.

Jawaban:
Saudara BV Yth, jawaban untuk keluhan Anda adalah, setelah vasektomi masih mungkin ada, yaitu air mani yang dihasilkan oleh kelenjar periurethra (prostat dan vesikula seminalis) tanpa mengandung spermatozoa. Tindakan vasektomi tidak ada efeknya terhadap kenikmatan seksual dan rasanya sama saja dengan sebelum vasektomi.(CAM)

Gatal di Selangkangan
GT, Pria 26 Tahun, Tidak Menikah, Jakarta

Pertanyaan:
Dok, beberapa hari yang lalu, saya mulai merasakan gatal-gatal pada bagian bawah tubuh saya mulai dari 'buttocks' sampai bagian bawah penis saya. Lebih spesifik di 'tube' yang menyambung dari penis ke arah buttocks. Kemudian, beberapa hari yang lalu juga merasakan adanya perih dan rasa hangat waktu kencing. Selama ini tidak ada benjolan-benjolan atau simptom yang lain kecuali di ujung lubang penis agak merah. Terakhir, saya selalu mencuci daerah2 tersebut dengan daktarin soap anti jamur, tetapi masih ada rasa gatal yang sangat mengganggu dan waktu kencing juga masih merasa perih (tidak selalu). Mungkin bisa diberi sedikit pendapat tentang apa yang terjadi disini Dok. Thank you.

Jawaban:
Ada banyak hal yang dapat menimbulkan rasa gatal pada derah sekitar kemaluan atau pada penisnya sendiri. Gatal tersebut bisa disebabkan oleh jamur, virus atau bakteri yang masing-masing memerlukan penanganan yang berbeda. Karena itu untuk mendapatkan terapi yang sesuai, kami anjurkan agar Anda memeriksakan diri ke dokter umum/dokter kulit kelamin terdekat karena konsultasi ini tidak bisa dan bukan ditujukan untuk menggantikan pemeriksaan langsung oleh dokter. (TR)

Kencing Tak Tertahan Setelah Ereksi
HERI, Pria 25 Tahun, Tidak Menikah, Surabaya

Pertanyaan:
Selamat bertemu dalam surat, Dok. Maaf Dok, saya seorang laki-laki belum menikah dan belum pernah melakukan hubungan seks, tapi saya sering melakukan onani. Dalam tahun ini mungkin saya berencana untuk mencari istri tapi saya takut karena saya punya masalah begini, setiap kali saya turun atau selesai ereksi (tegang) saya selalu ingin kencing tak tertahankan. Itu berlangsung sudah lama dan juga saya pernah dulu bercanda hinggga teman teman saya memegang penis saya dan dimasukan dalam selang pancuran air dan air masuk ke dalam melalui penis, itu waktu saya masih kecil. Pertanyaan saya apakah itu suatu penyakit atau bisa di sembuhkan dan apakah nanti kalau saya berhubungan sex nanti, sperma bercampur dengan air kencing serta apakah itu berbahaya untuk memperoleh keturunan. Terimakasih sebelumnya, sangat diharapkan jawabannya. Mohon dikirim ke e-mail juga.

Jawaban:
Saudara Heri, secara anatomis asal saluran kemih pada laki-laki berbeda dengan saluran reproduksi, hanya pada saluran keluarnya saja yang sama yaitu pada uretra yang berujung pada penis. Saluran reproduksi yang memproduksi sperma berasal dari testis sedangkan untuk saluran kemih berasal dari ginjal dan kandung kemih/buli-buli. Jika tidak ada kelainan anatomis bawaan maka kedua saluran tersebut tidak akan bersatu. Selain itu proses keluarnya air seni dan sperma berbeda. Sperma normalnya dikeluarkan saat terjadi ejakulasi yang diawali oleh stimulus seksual, sementara air seni dikeluarkan bila kandung kemih telah penuh dan ada stimulus yang menginformasikan ke otak, sehingga proses timbul proses berkemih. peristiwa pada waktu kecil tersebut bisa saja menyebabkan timbulnya trauma pada uretra sehingga dapat terjadi penyempitan saluran tetapi tidak menyebabkan bergabungnya saluran reproduksi dan saluran kemih. Jadi jangan khawatir akan terjadi pencampuran antara air seni dengan sperma.(TR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar