Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Rabu, 27 Oktober 2010

FRIGIDITAS



                                    
                                       


FRIGIDITAS

NYONYA L (30) telah menikah selama enam tahun, mengeluh tidak pernah merasakan perangsangan erotis-seksual sejak mula pertama menikah. Kondisi ini dirasakan L cukup berperan dalam hubungan keseharian dengan suami. Suami sering menunjukkan kejengkelannya dengan mengatakan L antara lain "seperti batang pisang". L telah mencoba mengatasi kesulitannya dengan mencari buku-buku tentang relasi intim suami-istri, bahkan bertanya kepada orang yang dinilai L lebih berpengalaman dan bijaksana dalam masalah keluarga. Namun sampai saat ini L belum dapat mengatasi kesulitannya itu.

NYONYA L adalah seorang perempuan yang menderita keluhan frigiditas. Frigiditas adalah keadaan disfungsi seksual pada perempuan, yaitu suatu ketidakmampuan/ ketidakpekaan tubuh terhadap perangsangan erotik seksual.
Tentu saja perempuan dengan keluhan ini tidak mampu memperoleh kenyamanan dan kenikmatan dalam hubungan intim suami-istri, sehingga kalaupun yang bersangkutan melakukan hubungan intim, itu hanya berdasar pada kewajiban sebagai seorang istri belaka. Dengan sendirinya, segala hal yang dilandasi rasa wajib akan tidak menyenangkan, bahkan bisa saja hanya merupakan siksaan belaka. Memang hubungan suami-istri dalam kehidupan perkawinan bukanlah hal yang terpenting, namun dapat dikatakan cukup penting bagi kesejahteraan kehidupan pasangan perkawinan. 

Pada prinsipnya perempuan yang sehat jasmani dan rohani memiliki kemampuan dalam aktivitas seksual yang menyenangkan apabila ide-ide yang terkait dengan aktivitas seksual itu positif, rasional dan terintegrasi dengan baik, kecuali itu mampu mencapai orgasme. Apakah orgasme itu?
Orgasme adalah keadaan eksitasi perangsangan seksual yang memungkinkan tercapainya kenikmatan yang teramat sangat. Keadaan ini akan diikuti ketegangan otot secara menyeluruh dan gerakan involuntir dari pelvis dengan peningkatan debaran jantung dan percepatan pernapasan yang setelah beberapa saat kemudian diikuti relaksasi yang intens. 

Kecuali itu, relasi antarmanusia yang paling sempurna dapat diraih oleh pasangan perkawinan adalah pada saat aktivitas seksual tersebut dilangsungkan. Pada saat itulah kedua pasangan mendapat kesempatan untuk berbagi kebersamaan baik dalam penghayatan kebahagiaan, penuh kasih, mengandung makna emosional dan spiritual yang hakiki, yang tidak dapat dipungkiri.
Timbul pertanyaan apa sajakah fungsi hubungan suami-istri dalam perkawinan?
Yang pertama, untuk tujuan prokreatif, yaitu melalui hubungan suami-istri kedua pasangan akan mendapatkan keturunan. Kedua, untuk tujuan rekreatif, hubungan intim juga memiliki fungsi rekreatif yang cukup besar peranannya dalam keserasian relasi keseharian. Dengan demikian aspek fun akan tercakup dalam interelasinya. Ketiga, untuk tujuan well-being, yaitu relasi intim yang memenuhi kesenangan dan kepuasan optimal bagi kedua belah pihak akan memberikan dampak kenyamanan biopsikologis yang tiada tara. 

Penyebab frigiditas
SECARA tidak disadari perempuan mengalami ketakutan tidak diterima oleh pasangannya yang muncul dalam bentuk takut mendapat kritikan dari pasangannya menyangkut keadaan tubuhnya dan reaksi seksualnya; kekhawatiran perempuan akan kemungkinan dilukai alat genitalianya oleh pasangannya; ketakutan perempuan akan kehamilan sebagai akibat relasi seksual.
Kebencian terpendam terhadap pasangannya oleh berbagai sebab yaitu, dipaksa menikahi seseorang atau terpaksa menikah dengan seseorang yang sebenarnya tidak ia kasihi; secara tidak disadari, memendam rasa dendam pada laki-laki yang mendominasi perempuan. 

Konflik cinta: perempuan tersebut sebenarnya mencintai laki-laki yang bukan suaminya; perempuan tersebut memiliki kecenderungan lesbianisme yang bersifat laten, dan perempuan tersebut memiliki kecenderungan narsistik, yaitu lebih mencintai diri daripada orang lain.
Kesulitan keuangan menjadi faktor penyebab frigiditas karena hampir seluruh energi psikisnya diserap upaya mengatasi kesulitan tersebut.
Keadaan kesedihan yang berlanjut dialami perempuan sebab faktor di luar diri ataupun dari dalam diri perempuan seperti depresi berlanjut yang dialami perempuan tersebut. 

Terlalu lelah oleh beban kerja dalam keseharian akan membuat minat terhadap hubungan intim suami-istri pun terkikis.
Suami yang hanya memperhatikan pencapaian orgasme pada dirinya dan tidak peduli terhadap orgasme pada pihak istrinya, artinya langsung tidur, membalikkan tubuhnya ke arah lain tanpa memperhatikan istri. Dalam hal ini istri akan merasa hanya dimanfaatkan saja dan tidak memperoleh apa pun dari hubungan intimnya. Ia merasa dieksploitasi, direndahkan, dimanfaatkan secara sia-sia, tetapi perempuan ini takut untuk menolak relasi seksual yang diinginkan suaminya. 

Akibat lain dari keadaan frigiditas adalah: mereka akan pura-pura sedang menstruasi untuk menghindarkan diri dari hubungan suami-istri.
Ia berulang kali menyatakan keraguan akan efektivitas alat kontrasepsi yang digunakan. Perempuan dengan keadaan frigid sebenarnya merasa kurang senonoh dengan penggunaan alat kontrasepsi yang terkait dengan tatanan normatif sebagai perempuan dalam aktivitas seksual.
Pengalaman psikoseksual terdahulu yang bersifat traumatik, seperti pernah menjadi korban perkosaan. 

Hal yang perlu dipertimbangkan adalah, bila respons seksual istri didominasi keluhan frigiditas, maka gairah seksual suami pun akan menurun secara bertahap. Bisa saja menurunnya gairah suami akan berakibat bagi perkembangan keluhan impotensi psikogenis pada pihak suami. 

Psikoterapi
PENENTUAN jenis terapi sangat dipengaruhi keputusan terapis akan klasifikasi penyebab utama dari frigiditas, yaitu gangguan psikologis seperti gangguan yang dialami klien/pasien dalam perkembangan psikoseksual terdahulu.
Gangguan komponen pengamatan terhadap siklus respons seksual, misalnya menurunnya gairah seksual oleh karena berbagai sebab.
Gangguan karena derajat kepuasan yang subyektif dalam siklus respons seksual.
Gangguan fungsi seksual sehubungan dengan kurangnya informasi atau pengetahuan mengenai seluk-beluk masalah seksual.
Gangguan sosio-seksual yaitu kesulitan dalam relasi cinta kasih antarpasangan suami-istri dan ketidakserasian relasi keseharian antarpasangan.
Faktor iklim sosio-seksual dan pengaruhnya terhadap iklim psikoseksual antar pasangan, misalnya kurangnya aspek privacy dalam lingkup kehidupan keluarga, misalnya dalam satu rumah hidup beberapa keluarga.
Beberapa alternatif terapi adalah psikoterapi individual, terapi perilaku, dan dual sex therapy.
 
Kembali pada Ny L, penyebab utama keluhan frigiditasnya ternyata berangkat dari sikap suami yang sangat egoistis dalam relasi seksual. Suami tidak memperhatikan kebutuhan istri dan cenderung memuaskan dirinya sendiri. Kondisi ini membuat Ny L kesal, namun karena perangsangan erotis awal sudah dialami tetapi tidak pernah sampai mendapatkan orgasme, suami sudah mengalami ejakulasi, dan tanpa mempedulikan istri langsung tidur. 

Ny L merasa tidak pernah memperoleh aspek rekreatif dan well-being dari fungsi seksualnya, bahkan karena perangsangan awal tidak pernah mendapatkan pemuasan, justru membuat Ny L pusing pada keesokan harinya. Hal yang menambah berat masalah adalah di antara suami-istri tidak terjalin komunikasi terbuka dalam kehidupan seksual mereka. Untuk permasalahan Ny L, terapi yang tepat adalah psikoterapi individual yang sekaligus menyertakan pihak suami.

Nasehat Buya Yahya
Silaturahmi jasad yang tidak dibarengi silaturahmi hati hanya akan tambah merusak hati. Alangkah banyak orang bersilaturahmi jasad dan di saat berpisah justru mendapatkan bahan baru untuk menggunjing, menbenci dan mendengkinya buah dari yang dilihat saat bertemu.




Rosululloh SAW Bersabda yang artinya:
"Barangsiapa yang menunjukkan suatu kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukannya".
(HR. Imam Muslim)

Habib Umar bin Hafidz:"jadikanlah televisi,handphone,internet dan alat-alat lainya sebagai pelayan dan pembantu untuk agamamu ,jika tidak,alat-alat itu akan menghancurkan dirimu sedangkan engkau akan tertawa karena tidak menyadarinya,ia akan merusak hatimu,akalmu,akhlakmu,dan fikiranmu,tanpa engkau menyadarinya,engkau tertawa bahagia padahal alat-alat itu telah merusak hal-hal paling berharga yang kau miliki".

Sayangilah Ibu dan Bapak kita Sampai Akhir Hayat Mereka     

You might also like:
TERJEMAHAN  ALQUR’AN 30 JUZ
3.     SURAT 4. AN NISAA'
5.     SURAT 6. AL AN'AAM
6.     SURAT 7. AL A'RAAF

                                    
                                       

PENTING : jika Anda merasa website ini bermanfaat, mohon do'akan supaya Allah mengampuni seluruh dosa-dosa Keluarga kami, dan memanjangkan umur keluarga kami dalam ketakwaan pada-Nya. Mohon do'akan juga supaya Allah selalu memberi Keluarga kami rezeki yang halal,melimpah,mudah dan berkah, penuh kesehatan dan waktu luang, supaya kami dapat memperbanyak amal shalih dengannya.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya [sesama muslim] tanpa sepengetahuan saudaranya,
melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.”
(Hadits Shahih, Riwayat Muslim No. 4912)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar