Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan Hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

Rabu, 27 Oktober 2010

CARA MENYUSUI

Pertanyaan pertama yang selalu menghinggapi ibu muda yang untuk pertama kali akan atau baru melahirkan adalah cara menyusui bayi. Meski terlihat mudah, bagi yang pertama kali melakukan, terlebih dengan bayi yang terlihat lemah sangat tidak mudah. Untuk itu disini diberikan gambaran mudah menyusui. Secara umum, ada dua posisi yaitu posisi bayi tegak dan miring.

Namun sebelum menyusui, sangat dianjurkan untuk melakukan beberapa tindakan pra-menyusui. Ini dimaksudkan untuk menjaga produktifitas ASI serta menjaga kondisi puting ibu agar selalu siap menyusui. Terutama ini diperlukan pada minggu-minggu pertama setelah persalinan.

  1. Posisi tegak

Dalam posisi ini, bayi seolah tegak terhadap dada ibu. Letakkan bayi di atas paha ibu sehingga bayi berhadap-hadapan dengan dada ibu. Perhatikan untuk menahan kepala bayi dengan telapak tangan, sekaligus untuk mengarahkan mulut bayi ke puting payudara. Posisi ini disarankan bila mengalami kesulitan pada posisi miring yang lebih umum. Karena pada posisi miring, ada jarak antara mulut bayi dan puting. Namun kelemahan posisi ini adalah lebih melelahkan bagi ibu.

  1. Posisi miring

Pada posisi ini tahan kepala bayi dengan sebelah lengan tangan, kemudian arahkan mulut bayi ke puting dengan mengatur posisi lengan. Bila mengalami kesulitan mengarahkan mulut bayi, bisa dicoba untuk menaruh bantal di antara bayi dan paha sehingga posisi bayi lebih tinggi. Bila masih mengalami kesulitan bisa dicoba posisi tegak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar